Berita

Update Pencarian Anak Ridwan Kamil: Gunakan Drone, Penyelam, Hingga Radius 8 Kilometer

Spread the love

– Putra Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril masih dicari tim SAR di Swiss pada hari ini, Sabtu (28/5/2022). togel online resmi

Eril sebelumnya hilang ketika sedang berenang di Sungai Aare, Bern, Swiss pada Kamis (26/5/2022).

Saat hendak naik ke permukaan, Eril terseret arus sungai yang cukup deras dan sempat mendapat bantuan dari temannya.

Lalu, bagaimana perkembangan kabar terbaru dari Swiss?

1. Pencarian sejauh 8 kilometer

Dikutip dari , Sabtu (28/5/2022), Duta Besar Republik Indonesia untuk Swiss,Muliaman Darmansyah Hadad menyampaikan bahwa pencarian Eril dilakukan sejauh 8 kilometer.

“(Lokasi pencarian) Mencakup sepanjang 8 kilometer wilayah Sungai Aare,” ujar Muliaman dalam konferensi secara virtual dari KBRI di Bern, Swiss pada Sabtu (28/5/2022).

Pencarian Eril kali ini mengerahkan tim SAR yang terdiri dari polisi, polisi medis, dan pemadam kebakaran di Swiss.

Tim mulai melakukan proses pencarian mulai pukul 08.30 waktu setempat atau pukul 13.30 WIB.

Dikutip dari , Sabtu (28/5/2022), polisi Swiss masih melakukan pencarian di wilayah antara Eichhholz dan Marzili, lokasi Eril terakhir terlihat.

Pencarian dilakukan dengan berbagai patroli jalur udara dan darat. Lalu, tepi Sungai Aare disisir dengan berjalan kaki, dan pos-pos pengamatan didirikan di sejumlah jembatan.

Polisi medis dan maritim juga bertugas melakukan pencarian.

2. Gunakan drone hingga penyelam

Menurut Muliaman, berbagai metode pencarian anak Ridwan kaMI telah dan sedang dilakukan, di antaranya adalah pemindaian lokasi menggunakan pesawat nirawak (drone) dengan sensor yang bisa mendeteksi panas tubuh, pencarian langsung menggunakan perahu, hingga penyelaman.

Hal itu dikatakan Muliaman saat menghadiri konferensi pers secara virtual bersama perwakilan keluarga Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (28/5/2022).

Muliaman juga mendampingi Ridwan Kamil dan istri untuk menemui tim SAR dan kepolisian yang bertugas di lapangan.

Tim SAR, kata Muliaman, mengatakan bahwa upaya pencarian Eril adalah prioritas mereka saat ini. Mereka masih terus melakukan pencarian dengan berbagai macam metode yang tersedia.

“Pihak kepolisian Swiss terus berkoordinasi hingga menjaga live line dengan KBRI terkait dengan update perkembangan terbaru. Jadi kita dalam koordinasi penuh 24/7,” ujarnya.

Pada hari ini, Sabtu (28/5/2022), tim SAR masih akan melanjutkan upaya pencarian terhadap Eril. Metode pencarian pada pagi ini lebih intensif, yaitu dengan boat search (perahu pencarian), drone untuk menyisir tepian Sungai Aare dan penyelaman.

3. Suhu sungai Aare 16 derajat

Dalam pencarian, tim SAR menggunakan beragam metode yakni menggunakan drone dan perahu.

“Metode pencarian pagi ini lebih intens, yaitu dengan perahu juga menggunakan drone untuk menelusuri tepian Sungai Aare,” ujar Muliaman.

Metode ini disesuaikan dengan kondisi di Sungai Aare dengan melihat tingkat kekeruhan air terlebih dulu.

Kekeruhan ini disebabkan lantaran banyaknya lelehan salju di sungai tersebut yang membuat suhu air di Sungai Aare berkisar 16 derajat celsius.

Kondisi ini juga tidak memungkinkan dilakukan menggunakan helikopter karena banyak pepohonan di area sekitar sungai.

4. Lama waktu pencarian

Berdasarkan statistik Tim SAR Swiss, penemuan korban hilang di Sungai Aare paling cepat setelah 3 hari hingga 3 minggu pencarian.

5. Suara Eril sempat terdengar minta tolong

Dilansir dari KompasTV, Sabtu (28/5/2022), perwakilan keluarga Gubernur Jawa Barat, Elpi Nazmuzzaman mengatakan bahwa Eril sempat berteriak mminta tolong saat sempat terbawa arus.

“Mungkin karena ponakan kami ini pemuda yang bertanggung jawab, menjaga kelompok, ibunya tidak ikut turun, beliau memastikan yang punya skill cukup yang turun begitu situasinya. Saat kejadian info dari keluarga memastikan 2 sudah sampai, lalu terjadi terbawa arus Eril berteriak help,” ujar Elpi.

Teriakan Eril terdengar oleh warga setempat dan menelepon kepolisian setempat.

“Keluarga mendengar, teriakan ‘help’ terdengar warga di pinggiran sungai dan menelepon polisi. Keluarga ketemu polisi dan polisi sigap untuk memantau wisatawan,” lanjut dia.

Saat ini, keluarga dan kerabat dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berharap yang terbaik dalam upaya pencarian Eril.

(Sumber: /Rahel Narda Chaterine | Editor: Bagus Santosa, Kristian Erdianto)

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.