Nasional

Unesa Punya Rektor Baru Periode 2022-2026

Spread the love

– Jajaran senat Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menyelenggarakan rapat pemilihan calon rektor periode 2022-2026 di Auditorium Lantai 11 Gedung Rektorat Kampus Lidah Wetan, Surabaya, pada Selasa (14/6/2022). slot online terpercaya dan terbaik

Dalam rapat yang dihadiri jajaran Kemendikbud Ristek tersebut, Prof. Nurhasan yang turut mencalonkan diri kembali terpilih untuk memimpin Unesa dalam empat tahun ke depan.

Ketua Panitia Pemilihan Rektor Unesa, Prof. Madlazim menjelaskan, total ada tiga nama yang ikut berkontestasi dalam pemilihan Rektor Unesa.

Mereka adalah Dr. Maspiyah dari Fakultas Teknik (FT), Dr. Muhammad Nursalim dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), dan Prof. Dr. Nurhasan dari Fakultas Ilmu Olahraga (FIO).

“Nama 3 calon yang masuk ke kementerian itu kemudian ikut pemilihan pada Selasa. Rapat dipimpin langsung Ketua Senat Prof. Haris Supratno. Hasilnya, Cak Hasan rektor petahanakembali dipilih dan dipercaya untuk memimpin Unesa,” kata Prof. Madlazim melansir laman Unesa, Jumat (17/6/2022).

Setelah ini, rektor terpilih menunggu penetapan dan pelantikan oleh Kemendikbud Ristek.

Prosesi pemilihan calon rektor Unesa, lanjut Madlazim, melewati sejumlah tahapan.

Pertama, penjaringan. Tahap ini, tim melakukan sosialisasi penjaringan kepada publik dari 23 Maret hingga 4 April 2022.

Kemudian membuka pendaftaran bakal calon pada 28 Maret-14 April 2022. Pendaftar tidak hanya dari Unesa tetapi juga dari luar yang tentunya memenuhi syarat.

Dari sejumlah nama yang masuk, berdasarkan hasil verifikasi dan seleksi administrasi pada 30 Maret-21 April 2022 menghasilkan 6 nama bakal calon yang masuk kualifikasi.

Sebanyak 6 nama yang dimaksud, yaitu Dr. Bachtiar Syaiful Bachri, Dr. Djuli Djatiprambudi, Dr. Maspiyah, Dr. Mochamad Nursalim, dan Prof. Nurhasan, dan Dr. Trisakti.

Kedua, penyaringan. 6 bakal calon tersebut kemudian mengikuti tahap penyaringan pada 18 Mei 2022.

Dia mengatakan, pada tahap ini, seluruh bakal calon mempresentasikan visi, misi, tujuan, dan program unggulannya untuk Unesa lima tahun ke depan.

“Penyaringan tersebut kemudian menghasilkan tiga nama calon terkuat,” sebut dia.

Ketiga, tahap pemilihan. Tiga nama tersebut kemudian mengikuti tahap pemilihan calon rektor dalam rapat senat yang berlangsung pada 14 Juni 2022.

Tahap selanjutnya, yaitu penetapan dan pelantikan oleh kementerian yang diperkirakan pada Juli 2022.

Dia berharap, rektor yang terpilih bisa membawa kampus “Growing with Character” tersebut semakin berprestasi dan maju lagi.

Paling penting bisa membawa Unesa menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) dan menuju World Class University.

“Semuanya kembali ke tridarma perguruan tinggi. Itu yang perlu ditingkatkan lagi ke depan, baik kualitas maupun kuantitasnya. Riset-riset, inovasi, publikasi, kontribusi dan sebagainya harus diperbanyak,” tukas dia.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.