Nasional

Survei SPIN: Prabowo Capres Ideal Bagi Generasi Z Dan Milenial

Spread the love

JAKARTA, – Direktur Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN) Igor Dirgantara menyebut bahwa Menteri Pertahanan Prabowo Subianto merupakan capres ideal bagi generasi milenial dan generasi Z. togel online resmi dan aman

Hal itu ia ungkapkan ketika mengumumkan hasil survei yang dilakukan SPIN pada 11-21 Mei 2022, dengan 1.230 responden yang akan berusia 16-39 tahun pada 2024 mendatang.

Dalam temuan SPIN soal kepuasan terhadap pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin pada 2022, isu lapangan pekerjaan menempati urutan buncit.

Hanya 44,8 persen responden yang menyatakan diri puas atas isu ini, sedangkan sisanya mengaku tidak puas dan tidak menjawab.

“Pak Prabowo dianggap mampu menjawab tantangan tersebut (isu lapangan pekerjaan). Artinya, dia capres idealnya milenial dan generasi Z,” kata dia.

Di sisi lain, sentimen terhadap Prabowo di media sosial juga disebut positif. Hal ini dianggap cocok dengan generasi milenial dan generasi Z yang hidup bersama media sosial.

“Berita positif Pak Prabowo itu lebih banyak ketimbang berita negatifnya. Kedua, berita positif Pak Prabowo lebih banyak daripada kompetitornya. Berikutnya, komunikasi publik Pak Prabowo juga dianggap bagus,” ujar Igor.

Hasil survei elektabilitas yang dilakukan SPIN terhadap responden yang merupakan generasi milenial dan generasi Z ini juga memperlihatkan elektabilitas Prabowo ada di puncak.

Popularitas dan tingkat kesukaan responden terhadap Prabowo juga diklaim paling tinggi dibandingkan nama-nama beken lain seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Popularitas Ganjar dan Anies di tingkat 88 persen, sedangkan hanya 65 responden yang menyukai Ganjar, dan 70 persen yang menyukai Anies.

Sementara itu, tingkat popularitas Prabowo diklaim tembus 95 persen dan 89 persen di antaranya disebut menyukai Ketua Umum Partai Gerindra tersebut.

“Hampir 100 persen generasi Z dan milenial mengetahui sosok Prabowo dan ada 89,1 persen mengaku suka terhadap sosok Prabowo,” kata Igor.

Sampel penelitian diambil secara proporsional di 34 provinsi. Penarikan sampel menggunakan teknik multistage random sampling.

Pihak SPIN menyebutkan bahwa pengumpulan data dilakukan melalui wawancara langsung dengan bantuan kuesioner.

Tingkat kepercayaan survei ini berkisar di angka 95 persen, dengan margin of error 2,8 persen.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.