Nasional

Soal Rencana Kenaikan Tarif Naik Candi Borobudur Yang Ditunda, Menparekraf: Kita Harus Berempati Kepada Masyarakat

Spread the love

JAKARTA, – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menilai bahwa rencana kenaikan tarif naik ke stupa Candi Borobudur menjadi Rp 750.000 untuk turis lokal memang perlu dibahas dengan sejumlah stakeholders. bo judi slot

Apalagi, Sandiaga mengingatkan bahwa kondisi perekonomian masyarakat saat ini baru saja bangkit dari pandemi Covid-19.

“Di saat sekarang dengan keadaan ekonomi yang berat, kita harus betul-betul berempati kepada masyarakat agar kebangkitan ini terus kita tingkatkan,” kata Sandi saat ditemui usai rapat dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (10/6/2022).

Dalam rapat tersebut, ia mengakui bahwa pihaknya banyak menerima masukan dari anggota Komisi IX terkait rencana kenaikan tarif naik stupa itu.

Komisi IX, sebut dia, mengingatkan, agar rencana tersebut juga turut memperhatikan kondisi ekonomi masyarakat dan kelestarian budaya.

“Masukan dari anggota dan pimpinan Komisi X DPR adalah kami sepakat bagaimana kebijakan yang diambil berpihak kepada kelestarian budaya, memastikan bahwa kondisi Candi Borobudur dalam keadaan yang tentunya akan menjaga dan harapannya adalah kebutuhan masyarakat kita yang mulai bangkit ini bisa kita jaga dengan baik,” ungkapnya.

Sementara itu, Sandi menambahkan bahwa rencana kenaikan itu juga perlu melibatkan stakeholders seperti instansi pemerintah daerah.

Menurutnya, pelibatan itu agar rencana kenaikan tidak menjadi beban bagi masyarakat sekitar Candi Borobudur yang berprofesi di dunia pariwisata.

“Komisi X mengingatkan bahwa melibatkan masukan dari stakeholders dinas daerah kabupaten/provinsi yang tentunya akan kita gunakan untuk mengambil keputusan yang pasti berpihak pada kelestarian dari Candi Borobudur itu,” ucapnya.

“Dan juga bagi kesejahteraan masyarakat agar lapangan kerja yang tercipta,” sambung Sandiaga.

Sebelumnya, Luhut Binsar Panjaitan menegaskan bahwa pihaknya telah menunda rencana membuat kebijakan tarif tiket Rp 750.000 untuk naik ke stupa Candi Borobudur bagi turis lokal.

Ia mengaku bakal memperhatikan berbagai masukan dan saran dari masyarakat terlebih dahulu sebelum memutuskan kepastian tarif tersebut.

“Jadi soal tiket itu saya kira kita hold aja dulu. Kita lihat lagi nanti gimana baiknya,” kata Luhut ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (9/6/2022).

Politisi Partai Golkar itu menjelaskan, rencana kenaikan tarif tersebut sudah berdasarkan studi yang komprehensif.

Menurutnya, tarif sebesar Rp 750.000 itu lantaran mempertimbangkan potensi lonjakan turis setelah selesainya pembangunan tol mengarah Magelang maupun Jogja dari Semarang.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.