Nasional

Prabowo Harapkan Inisiatif Baru Keberlanjutan Kerja Sama Pertahanan RI-Perancis

Spread the love

JAKARTA, – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto berharap ada inisiatif baru dalam kerja sama pertahanan antara Indonesia dan Perancis. bocoran slot online

Menurut Prabowo, inisiatif baru tersebut dapat menjadi pertimbangan dalam keberlanjutan kerja sama pertahanan kedua negara.

Pernyataan tersebut disampaikan Prabowo ketika bertemu Menteri Angkatan Bersenjata Republik Perancis Sébastien Lecornu.

Keduanya bertemu di sela-sela kegiatan forum International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue 2022 di Singapura, Sabtu (11/6/2022).

Dalam pertemuan ini, Prabowo menyampaikan terima kasih kepada Sébastien Lecornu yang telah berperan penting dan aktif dalam menyukseskan hubungan bilateral kedua negara.

Prabowo juga menegaskan, Indonesia dan Perancis telah menjalin kerja sama pertahanan yang kuat, khususnya di bidang alat utama sistem persenjataan (alutsista).

Kedua negara juga telah menjalin kerja sama pertahanan melalui pertukaran pendidikan dan seminar dalam rangka peningkatan kapasitas kedua negara.

Di mana kedua belah pihak dapat berbagi informasi dan pengalaman sebagai pembelajaran.

Selain itu, Prabowo juga berharap program akuisisi alutsista baru dari Perancis akan meningkatkan kemampuan pertahanan Indonesia melalui kegiatan transfer of technology (ToT) atau alih teknologi dan joint venture atau perusahaan patungan.

Sebelumnya, Indonesia dan Perancis telah menekan kerja sama pertahanan di Jakarta pada 10 Februari 2022.

Kerja sama tersebut meliputi kontrak pembelian enam pesawat tempur Rafale dan 36 unit pesawat untuk rencana selanjutnya.

Kemudian, kerja sama di bidang research and development kapal selam antara PT PAL dengan Naval Grup, kerja sama program offset dan ToT antara Dassault dan PT Dirgantara Indonesia.

Berikutnya, kerja sama di bidang telekomunikasi antara PT LEN dan Thales Group dan kerja sama pembuatan amunisi kaliber besar antara PT Pindad dan Nexter Munition.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.