Politik

PMII Khawatir Bidak Catur Pilpres 2024 Diatur Oligarki

Spread the love

Jakarta – Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) khawatir bidak catur presiden 2024 diatur oligarki.

Wakil Sekjen PB PMII Bidang Politik, Hukum, dan Hak Asasi Manusia (Wasekjen) mengatakan oligarki secara sederhana dapat dipahami sebagai segelintir orang yang memiliki sumber daya ekonomi, modal, dan politik untuk mengalahkan kekuatan partisipatif (demokratis).

Hasnow mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Senin (20 Juni 2021) bahwa “oligarki biasanya menggunakan strategi kartel untuk mendapatkan negara melalui campur tangan kolusi untuk mempertahankan status sosial yang monopolistik, seperti pemilihan presiden 2024.” katanya. daftar slot

Menurut Hasnu, PB PMII mencontohkan ada dua masalah utama yang mengganggu kehidupan demokrasi: oligarki dan polarisasi.

Hasno mengatakan hal ini perlu dievaluasi jika Indonesia ingin pemerintahan yang demokratis menjadi demokrasi substantif yang menyasar masyarakat, bukan terbatas pada bisnis dan administrasi sehari-hari.

Menurutnya, sudah saatnya pemerintah dan partai politik memiliki kemauan politik untuk mewujudkan demokrasi di Indonesia.

Publik perlu memahami apa yang menjadi kepentingan publik dalam menjalankan agenda politik di tingkat nasional dan lokal.

Dengan demikian, dimungkinkan untuk membedakan antara visi dan imajinasi, yang merupakan kata-kata dan tindakan nyata yang membawa perubahan.

Hasno mengatakan, “Memperkenalkan demokrasi sebagai sistem partisipasi umum dan kesadaran publik dapat menghancurkan hegemoni oligarki.”

Hasano mengatakan kita semua tahu bahwa demokrasi diadopsi oleh oligarki.

Popularitas dan partisipasi pemilih dari lembaga pemungutan suara baru-baru ini mungkin didasarkan pada oligarki yang dimobilisasi untuk membangun kesadaran publik.

Masalah lainnya adalah penindasan kebebasan sipil, ambang batas pencalonan (PT), berbagai pelanggaran hak asasi manusia dan “demokrasi liberal”.

Untuk mengembalikan cita-cita reformasi politik yang diperjuangkan mahasiswa, Hasno mengusulkan perlunya gerakan massa terpadu untuk mengambil alih demokrasi dan menghilangkan oligarki.

Hasnow mengatakan upaya tersebut harus dilakukan sebelum pemilihan umum 2024. Karena agenda pemilu ke depan tidak boleh mengarah pada demokrasi semu atau oligarki seperti sekarang dimana rakyat tidak berdaulat.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.