Teknologi

Pengemudi Pemula, Jangan Pindah Tuas Transmisi Matik Ke N Di Turunan

Spread the love

JAKARTA, – Jalanan yang menurun sering dianggap sebagai medan yang menguntungkan bagi pengendara yang mengincar efisiensi konsumsi bahan bakar. Sehingga tak jarang pengendara mencoba berbagai trik agar lebih bisa menghemat bahan bakar. slot mudah menang

Masalahnya, tidak semua trik bisa dilakukan karena gagal paham dan berujung bahaya.

Terutama bagi para pengemudi pemula yang belum terbiasa mengemudikan mobil matik alias transmisi otomatis.

Salah satunya, kebiasaan memindahkan posisi tuas matik ke N pada mobil manual, saat melalui jalan menurun demi bisa menghemat bahan bakar.

Persepsi itu dibantah tegas oleh Pemilik Worner Matic bengkel spesialis transmisi otomatis, Hermas Efendi Prabowo. Pasalnya menurut dia memindahkan tuas transmisi ke posisi N di turunan malah berbahaya dan tidak efektif sama sekali.

– Tombol pengunci atau release button di tuas transmisi matik

“Itu malah berbahaya. Dalam sisi engine brake memang transmisi matik tidak ada, maksudnya mau N atau D di jalanan menurun itu sama-sama nggelinding. Tapi masalahnya nanti kalau mau masuk ke D lagi, syaratnya kan harus berhenti, putaran mesin idle” ujar Hermas kepada Senin (13/6/2022)

Menurut dia, memindahkan tuas transmisi matik ke N merupakan hal yang sia-sia, malah berakibat fatal. Sedangkan bila tuas matik tetap di D itu malah lebih enak, tidak perlu memikirkan kapan saat yang tepat dan aman untuk memindahkan tuas lagi.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.