Nasional

Partai Demokrat – Menilai Nasdem-PKS Kemungkinan Membentuk Poros Ketiga, PKB Miring Ke KIB

Spread the love

Jakarta, – Partai-partai sepertinya akan bisa membentuk tiga hub koalisi untuk menggerakkan calon presiden (cawapres) dan wakil presiden (cawapres) pada pemilihan presiden 2024. info slot gacor 2022

Hal itu dikatakan Direktur Utama Institut Opini Politik Indonesia (IPO) Dede Cornia Syah. Didi menilai pada Pilkada 2024 mendatang ada tiga sumbu koalisi dengan peta koalisi potensial: PDI-P-Gerindra, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), Golkar-PAN-PPP dan Demokrat-Nasdem-PKS.

Saat dihubungi , Minggu (6 Mei 2022) Didi mengatakan, “Jika ini terjadi, kemungkinan besar PKB akan terimbangi dan masuk dalam KIB.”

Menurut Dedi, aliansi Gerindra PDI-P tidak mungkin terbentuk, yang cenderung mendekatkan PKB ke KIB.

Karena itulah Didi melihat PKB condong ke KIB. Namun, masuknya PKB ke dalam KIB akan menjadi persaingan sengit bagi PKB pemilik Muhaimin.

Selain itu, karena adanya unsur “perebutan suara” di PPP, perlu penyesuaian jika PKB kemudian bergabung dengan KIB.

Kekuatan sumbu ketiga …

Sementara itu, Didi meyakini poros ketiga akan diduduki Partai Demokrat, Nasdim-BKS.

Aliansi seperti itu dimungkinkan jika ketiga pihak sudah memiliki karakter yang akrab, katanya.

Namun soal siapa yang bakal jadi calon, Didi tahu poros ini tidak mencalonkan semua kader partainya.

“Tidak ada jumlah potensial di PKS karena tidak ada jumlah potensial di Nasdem sendiri,” katanya.

Didi menilai hanya satu orang, Panglima Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), yang berpeluang keluar dari Aliansi Pedalaman.

Didi menjelaskan, “Dia (AHY) juga terbatas pada pencalonan wakil presiden. Jadi, tokoh seperti Anies Baswedan atau tokoh populer lainnya seperti Ganjar Pranowo bisa mendapat peluang di poros ketiga ini,” jelas Didi.

Namun, ini mungkin tidak terjadi bahkan jika sumbu ketiga berisi karakter asing. Sebab, KIB tidak mengatakan akan mendukung calon internal atau eksternal.

Menurut Didi, potensi karakter tersebut untuk ditingkatkan ke poros ketiga adalah jika KIB dikonfigurasi untuk membawa kadernya sendiri.

Didi menyimpulkan, “Tapi kalau KIB dibentuk untuk mendorong Zhangar, ada kemungkinan. Nanti beda lagi.”

Sebelumnya, Presiden PAN Zulkipli Hassan mengatakan bahwa KIB mendorong pembentukan tiga hub koalisi dalam pemilihan presiden 2024.

Para capres dan cawapres diharapkan masing-masing memanggul dua kapak. KIB masih dihuni Golkar-PAN-PPP.

Zulkipleh, lebih dikenal sebagai Al-Zouleh, mengatakan harapannya untuk tri-sumbu tercermin dalam pengalaman kepresidenannya, yang telah mempolarisasi masyarakat selama beberapa tahun terakhir.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.