Nasional

Mengenal Maisonet Dan Perbedaannya Dengan Rumah Tapak

Spread the love

JAKARTA, – Pernahkah mendengar istilah rumah maisonet? Pertanyaan ini mungkin ada di benak Anda, namun belum menemukan jawabannya.

Sebetulnya, rumah maisonet merupakan tipe hunian yang dinilai mampu menjawab tantangan kebutuhan hunian seiring terbatasanya lahan di kota-kota besar Indonesia. togel online resmi dan aman

Dengan terbatasnya kebutuhan hunian di kota-kota besar Indonesia, maka harga rumah tapak dibanderol tidak murah alias mahal.

Oleh sebab itu, kehadiran rumah maisonet digadang-gadang mampu mengatasi persoalan tersebut. Karena, pemanfaatan lahan lebih efisien dibandingkan rumah tapak.

Dilansir dari laman Instagram resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) @kemenpupr, rumah maisonet sebenarnya adalah apartemen bertingkat rendah.

Hunian model ini terdiri atas dua sampai tiga lantai dengan kepemlikan bersama.

Rumah maisonet disebut sebagai duplex di Amerika Serikat. Sedangkan di Inggris dikenal dengan townhouse.

Keduanya adalah tipologi hunian dengan beda kepemilikan di tiap lantai. Sehingga, penghuni di lantai 1 dan 2 memiliki akses berbeda menuju luar rumah.

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kementerian PUPR (@kemenpupr)

Lantas, apa perbedaan dari rumah tapak dan maisonet?

Perbedaan mendasar antara tipologi rumh tapak tidak bertingkat dan rumah tapak bertingkat alias maisonet adalah kebutuhan ruang untuk sirkulasi vertikal atau tangga sehingga tidak mengganggu ruang lainnya.

Kebutuhan ruang pada rumah maisonet meliputi ruang hunian dasar dan ruang sirkulasi vertikal.

Berikut perbedaan jelas antara rumah tapak dan maisonet:

Rumah Tapak

Rumah Maisonet

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.