Lifestyle

Makanan Yang Cocok Dikonsumsi Setelah Berolahraga

Spread the love

– One yang baru selesai berolahraga harus mendapatkan nutrisi yang tepat demi membangun kembali protein otot dan glikogen atau cadangan glukosa. slot gacor dana

Alih-alih membuat buncit, menyantap makanan dengan nutrisi tepat setelah berolahraga penting bagi pemulihan tubuh Anda.

Melansir Healthline, orang yang baru selesai berolahraga harus menyantap makanan yang mengandung protein, karbohidrat, dan lemak.

protein

Olahraga memicu pemecahan protein otot, baik yang ringan maupun berat.

konsumsi protein dalam jumlah cukup setelah berolahraga memberi tubuh Anda asam amino yang dibutuhkan untuk memperbaiki dan membangun kembali protein dalam otot.

Menurut National Institutes of Health, Anda disarankan untuk mengonsumsi 0,14–0,23 gram protein per pon berat badan (0,3–0,5 gram/kg) segera setelah berolahraga.

Contoh makanan sederhana mengandung protein:

Karbohidrat

Makanan mengandung karbohidrat dapat mengganti cadangan glukosa atau glikogen dalam tubuh yang digunakan sebagai bahan bakar selama berolahraga.

Olahraga yang melatih daya tahan tubuh, seperti lari dan renang bisa membuat glikogen terkuras.

Mengonsumsi 0,5-0,7 gram karbohidrat per pon (1,1-1,5 gram/kg) berat badan 30 menit pasca latihan bisa menghasilkan resintesis glkogen yang tepat.

Konsumsi karbohidrat sebaiknya bersamaan dengan protein karena dapat menghasilkan sekresi insulin. berikut, sekresi insulin berguna untuk mendorong sintesis glikogen.

Berikut contoh sumber karbohidrat yang mudah dicerna setelah berolahraga:

lemak

Menyantap makanan, namun memang bisa memperlambat proses dan memperlambat penyerapan nutrisi, manfaat lemak yang dibutuhkan tubuh manusia yang baru berolahraga.

Lemak dapat menghasilkan energi bagi tubuh manusia, sehingga dapat meredakan rasa lelah dan lemas setelah berolahraga.

Tak hanya itu, lemak juga dapat membuat kulit dan rambut lebih sehat. terlihat saat berolahraga kulit dan rambut dapat terpapar sinar matahari.

Dikutip dari Everyday Health,sebuah penelitan juga menunjukkan bahwa konsumsi makanan berlemak setelah berolahraga tidak memengaruhi sintesis glikogen pada otot.

demikian, ada baiknya setelah membatasi jumlah lemak yang Anda konsumsi berolahraga.

Contoh makanan berlemak yang cocok disantap setelah berolahraga:

Selain memenuhi asupan karbohidrat, protein, dan lemak, pastikan untuk minum banyak udara sebelum dan sebelum berolahraga.

Terbaik, selama berolahraga, Anda akan kehilangan udara dan elektrolit melalui keringat.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.