Nasional

Kemenkes Buka Beasiswa Dokter Spesialis Dan Subspesialis, Apa Saja Syaratnya?

Spread the love

– Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) membuka kesempatan beasiswa atau bantuan penddidikan bagi dokter yang ingin mengambil jenjang spesialis dan subspesialis. situs slot gacor 2022

Beasiswa tersebut diberikan sebagai bentuk dukungan pada pelaksanaan transformasi Sumber Daya Manusia (SDM) kesehatan untuk mencapai pemenuhan dan pemerataan SDM Kesehatan.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan, program beasiswa ini diutamakan untuk spesialis jantung, stroke, kanker dan urologi.

“Kita melihat bahwa penyakit yang paling berat dampak nyawa dan besar biayanya adalah pertama jantung, kedua stroke, nomor tiga cancer, dan nomor empat ginjal,” ujar Budi dalam konferensi pers 2 Juni 2022.

Budi mengharapkan pada tahun 2024 mendatang seluruh fasyankes di tingkat provinsi akan mampu memberikan layanan-layanan tersebut.

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kementerian Kesehatan RI (@kemenkes_ri)

Lantas apa saja syarat untuk mengikuti program beasiswa bagi dokter spesialis ini?

Syarat

Sebagaimana disampaikan dalam Ebook Rekrutmen Program Bantuan Pendidikan Dokter Spesialis dan Dokter Gigi Spesialis, persyaratan mengikuti program beasiswa yakni sebagai berikut:

Bagi peserta baru yang memulai perkuliahan pada semester ganjil maka akan mendapat bantuan biaya sejak Juli 2022.

Untuk peserta residen maka hanya akan diberikan bantuan biaya setelah yang bersangkutan ditetapkan sebagai peserta penerima bantuan program Pendidikan Dokter Spesialis sejak Juli 2022 dengan Keputusan Menteri Kesehatan sesuai dengan sisa masa kurikulum bidang spesialistiknya.

Adapun jenis kepesertaan untuk mengikuti program ini, yakni sebagai berikut:

Jadwal pendaftaran

Berikut ini jadwal dan tahapan pendaftaran serta seleksi program beasiswa dokter spesialis-subspesialis dan dokter gigi spesialis tahun 2022:

Nantinya penetapan hasil seleksi akan dilakukan di tingkat Kemenkes. Kemudian untuk awal perkuliahan akan dilakukan sesuai institusi tempat diterima.

Alur pengusulan

Sementara itu untuk alur pengusulan untuk mengikuti program beasiswa ini yakni sebagai berikut:

Jenis beasiswa

Jenis program fellowship dokter spesialis yang dibuka yakni sebagai berikut:

Baca juga: Penjelasan Kemenhub dan KAI soal Ibu Hamil yang Kelelahan Usai Naik Turun Tangga di Stasiun Cakung

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.