Nasional

Kemenhub Siap Revitalisasi Terminal Tipe A Giwangan Yogyakarta

Spread the love

JAKARTA, – Menteri Perhubungan (Minhop) Budi Karya Sumadi mengatakan proyek revitalisasi Stasiun Kiwangan Tipe A di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan segera dimulai. saba sport

Meninjau Stasiun Gewangan, Budi mengatakan pemerintah telah menyelesaikan revitalisasi tiga terminal Tipe A di Jawa Tengah: Tertunade Solo, Mangkang, Semarang dan Polopito.

“Sekarang kita akan melakukannya di Yogyakarta (Terminal A Giwangan),” katanya dikutip dari surat kabar Antara, Minggu (29/5/2022).

Menurut Menhub, gedung terminal Giwangan saat ini sudah sangat megah dan perlu renovasi.

Sampai saat ini, Departemen Perhubungan telah menganggarkan untuk pembangunan gedung baru. Namun akan dievaluasi terlebih dahulu.

“Kami ingin menggunakan setiap rupiah untuk memberikan pelayanan yang baik. Kami ingin stasiun ini lebih nyaman dan asri,” tambahnya.

Menteri Perhubungan meminta tata kelola yang lebih aktif ke depan terkait pengelolaan kawasan komersial (kios) di dalam stasiun.

Sebab, kios tradisional sebelumnya dikelola oleh pihak ketiga, bukan pengelola stasiun.

Jadi, orang yang akan menyewa stan nanti harus membayar kepada pemerintah (kepala stasiun), bukan pihak lain.”

Ia berharap revitalisasi Stasiun Gyuwangan akan berhasil dengan dukungan Pemerintah Kota Yogyakarta (Bimkot), dan ia mengapresiasi ide pemisahan jalur bus wisata dari bus lokal (AKAP).

“Kami siap bekerja sama untuk menjadikan stasiun ini sebagai transportasi utama masyarakat dari dan ke Yogya dan menjadi kunci pengembangan sektor pariwisata,” kata Bode.

Pada saat yang sama, Pj Walikota Sumadi Yogyakarta siap mendukung pengaktifan Stasiun Gyuwangan.

Selain itu, Kementerian Perhubungan berencana bekerja sama secara luas dengan Biro Umum Perhubungan Darat.

“Kami akan mengkonsolidasikan anggaran terkait pemeliharaan dan pemugaran stasiun,” tutup Sumadi.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.