Hiburan

Kembali Digelar Setelah Dua Tahun, Intip Sejarah Dan Fakta Unik Jakarta Fair!

Spread the love

Jakarta Fair kembali digelar tahun ini! Setelah dua tahun terakhir terpaksa ditunda karena pandemi Covid-19, akhirnya agenda tahunan ini kembali digelar dan menghadirkan banyak kegembiraan, mulai dari belanja produk lokal, menonton konser musik dari para artis terkenal, berburu spot foto menarik, hingga bermain di wahana pasar malam. judi slot

Nah, ajang arena pameran dan hiburan terbesar se-Asia Tenggara ini diselenggarakan sekaligus dalam rangka memeriahkan HUT Kota Jakarta yang ke-495. Rangkaian acaranya dimulai dari 9 Juni hingga 17 Juli 2022 di Arena JiExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Dikenal juga dengan nama Pekan Raya Jakarta (PRJ), jakarta Fair merupakan salah satu agenda tahunan yang dilangsungkan setiap menyambut HUT Jakarta yang jatuh pada 22 Juni.

Di balik kemeriahannya, event akbar yang satu ini punya kilas balik sejarah dan fakta-fakta unik yang belum banyak diketahui orang, lho! Simak penjelasannya di bawah ini.

Sejarah singkat Jakarta Fair

Menurut informasi yang dicatat Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Utara, Jakarta Fair pertama kali digelar di Kawasan Monas pada 5 Juni hingga 20 Juli tahun 1968 dan disebut sebagai DF yang merupakan singkatan dari Djakarta Fair (Ejaan Lama).

Nah, Jakarta Fair digagas pertama kali oleh Syamsudin Mangan yang merupakan Ketua KADIN (Kamar Dagang dan Industri) pada masa itu.

Ide tersebut muncul karena dirinya terinspirasi dari berbagai event pameran internasional yang sering diikutinya sebagai konglomerat di bidang tekstil kala itu. Ditambah lagi, ia kerap melihat Pasar Malam Gambir yang ramai dikunjungi masyarakat.

Akhirnya, ide ini pun disambut baik oleh Pemerintah DKI yang saat itu dipimpin oleh Ali Sadikin sebagai Gubernur DKI.

Setelah diadakan pertama kali, Pemerintah DKI melihat dampak besar yang dihadirkan dalam mendorong promosi dan pertumbuhan ekonomi ibu kota. Oleh karena itu, Jakarta Fair pun ditetapkan sebagai agenda tetap tahunan melalui Peraturan Daerah (Perda) No. 8 Tahun 1968 dan diselenggarakan menjelang Hari Ulang Tahun Jakarta yang dirayakan setiap tanggal 22 Juni.

Selain memiliki sejarah yang menarik, perayaan Jakarta Fair juga memiliki beberapa fakta unik yang perlu kamu ketahui di bawah ini. Untuk fakta menarik seputar pariwisata dan ekonomi kreatif lainnya, yuk follow akun Instagram @pesona.indonesia dan akun TikTok @pesonaindonesia!

1. Presiden AS Ke-37 Richard Nixon pernah mampir

Tak hanya dihadiri oleh warga Jakarta, pada perhelatan Jakarta Fair tahun 1969 Presiden AS Ke-37 Richard Nixon juga pernah turut menghadiri agenda tersebut.

Pada kesempatan tersebut, ia berhenti di sebuah stan dekat Syamsuddin Mangan Plaza dan menyempatkan diri untuk melambai-lambaikan tangan ke pengunjung.

2. Dilangsungkan lebih dari satu pekan

Meskipun agenda tahunan ini dinamakan Pekan Raya Jakarta, faktanya perayaan PRJ selalu dilangsungkan lebih dari satu pekan, lho! Biasanya, perhelatan ini dilangsungkan selama satu bulan dari bulan Juni hingga Juli.

Bahkan, pada tahun 1969, rangkaian acara Jakarta Fair “memecahkan” rekor penyelenggaraan terlama karena memakan waktu terlama, yakni 71 hari.

3. Pameran terbesar di Asia Tenggara

Agenda Jakarta Fair merupakan sebuah pameran serta hiburan terbesar, terlama, dan terlengkap di Asia Tenggara yang diadakan dalam menyambut dan memeriahkan HUT Jakarta setiap tahunnya.

Berbagai aktivitas seru, mulai dari parade karnaval, kontes Miss Jakarta Fair, kegiatan donor darah, hingga konser musik yang begitu meriah dengan jajaran musisi tanah air siap menghibur masyarakat yang hadir ke Jakarta Fair.

Tak hanya menjadi tempat rekreasi keluarga, Jakarta Fair juga menjadi momen yang mendorong aktivitas perekonomian masyarakat setempat, sebab pengunjung bisa melakukan #BeliKreatifLokal dari berbagai UMKM baik dari Jakarta maupun provinsi lain yang dipamerkan di Jakarta Fair.

Tak hanya menghadirkan produk-produk lokal hingga kuliner khas Betawi, Jakarta Fair juga menghadirkan produk dari provinsi lain, seperti saja, produk kerajinan tangan dari UKM Daerah Istimewa Yogyakarta dan juga produk tekstil bordiran dari Sumatra Barat.

4. Banjir promo dan diskon

Tak hanya sebagai rekomendasi hiburan keluarga, Jakarta Fair juga menghadirkan banyak penawaran menarik untuk para penggila belanja. Kamu bisa temukan segudang promo dan diskon untuk produk-produk unggulan dari berbagai sektor industri seperti otomotif mobil dan sepeda motor, teknologi informasi, perlengkapan olah raga, fashion and garmentperalatan rumah tangga, furnitur, barang elektronik, kuliner, industri kreatif, kerajinan tangan, herbal and medicineperbankan, produk jasa, kosmetik, dan lain-lain. Menggiurkan banget, deh!

Sebagai informasi, pada perayaan Jakarta Fair 2022, kamu juga bisa menemukan berbagai produk UMKM seperti 159 UMKM Jakpreneur binaan Pemprov DKI Jakarta di Hall C1 yang secara bergiliran menghadirkan produk unggulan yang telah melalui proses kurasi tingkat provinsi.

5. Beragam kuliner tradisional

Kuliner tradisional menjadi salah satu hal yang tidak pernah absen dari perhelatan Jakarta Fair 2022. Mulai dari kerak telor, pempek palembang, sate padang, bakso malang, dan lainnya, siap untuk menggugah selera pengunjung.

Nah, pada perhelatan Jakarta Fair 2022, kamu juga bisa menikmati berbagai jajanan kuliner khas Nusantara dengan mengunjungi area Pucuk Culinary Festival yang berada di zona kuliner Jakarta Fair Kemayoran.

6. Dikelilingi destinasi kekinian

Selain memiliki beragam hiburan bagi warga Jakarta, Jakarta Fair juga dikelilingi berbagai destinasi kekinian yang bisa banget untuk dikunjungi bersama keluarga, teman, dan juga pasangan.

Penasaran dengan stadion sepak bola berstandar FIFA kebanggan Indonesia? Nah, kamu bisa mengunjungi Jakarta International Stadium yang hanya berlokasi sekitar 12 menit dari Arena JiExpo, Kemayoran.

Sementara itu, bagi kamu yang ingin menikmati wahana bermain, Taman Impian Jaya Ancol dan Dunia Fantasi selalu bisa jadi andalan. Kemudian, kamu juga bisa mengunjungi pameran seni kekinian di Art: 1 New Museum yang hanya berjarak 5 menit dari arena Jakarta Fair.

Namun, satu hal penting yang perlu untuk menjadi perhatian masyarakat saat mengunjungi Jakarta Fair adalah untuk tetap patuh dalam menerapkan protokol kesehatan serta segara divaksinasi booster, sehingga kamu bisa berkunjung ke Jakarta Fair 2022 bersama keluarga dengan aman nyaman, dan menyenangkan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno juga turut meminta masyarakat waspada terkait ditemukannya sub-varian omicron BA.4 dan BA.5 yang dikonfirmasi sudah masuk Indonesia

Lebih lanjut ia mengatakan penting penting untuk menjaga momentum kebangkitan ekonomi Indonesia, terlebih saat ini pariwisata dan ekonomi kreatif merupakan salah satu sektor yang terus tumbuh.

“Saya sampaikan selalu kita harus menjaga momentum kebangkitan ini dengan memastikan kewaspadaan kita sesuai arahan pemerintah bagaimana varian baru ini harus kita sikapi agar pandemi tetap terkendali,” kata Menparekraf Sandiaga.

Ia melanjutkan, “Kekhawatiran itu selalu ada, tapi saya optimistis jika kita disiplin mengikuti arahan pemerintah kita bisa melewati varian baru ini seperti kita melewati kondisi sebelumnya.”

Bagi kamu yang tertarik untuk berkunjung ke Jakarta Fair, yuk datang dan buktikan langsung kemeriahannya! Jakarta Fair digelar setiap hari Senin-Jumat pukul 15.30-22.00 serta jam 10.00-22.00 untuk hari Sabtu dan Minggu.

Untuk pembelian tiket kamu bisa membelinya secara daring di www.jakartafair.co.id, www.jiexpo.com atau www.eventguide.id. Selain itu, lansia di atas 60 tahun juga bisa masuk ke Jakarta Fair secara gratis dengan menggunakan e-KTP dan berlaku untuk 1x kunjungan. Tiket gratis ini juga berlaku untuk anak-anak dengan tinggi di bawah 1 meter.

Yuk, seru-seruan ke Jakarta Fair dan berbagai destinasi hits di sekitarnya! Untuk rekomendasi destinasi wisata hits lainnya, jangan lupa follow akun Instagram @pesona.indonesia dan akun TikTok @pesonaindonesia ya!

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.