Kesehatan

Katarak: Penyebab, Jenis, Serta Cara Pencegahnnya

Spread the love

Katarak adalah sebuah daerah keruh atau ‘kabut’ yang berkembang pada lensa mata yang biasanya jernih. Kondisi ini cenderung tidak menyebabkan rasa sakit, dapat terjadi di kedua mata, dan biasa dialami di usia lansia. slot hoki gacor

Normalnya, agar mata dapat melihat, cahaya melewati lensa bening. Lensa tersebut berada di belakang iris, bagian berwarna dari mata. Lensa fokus sehingga otak dan mata dapat bekerja sama untuk memproses informasi menjadi sebuah gambar.

Ketika katarak untuk penutup, mata tidak dapat difokuskan dengan cara yang sama. Hal ini menyebabkan penglihatan kabur atau kehilangan penglihatan lainnya.

Dikutip dari Cleveland Clinic, lensa mata sebagian besar terdiri dari udara dan protein. Dari waktu ke waktu, protein tersebut dan protein yang tertinggal ini dapat membuat lensa mata menjadi keruh, sehingga sulit untuk melihat dengan jelas.

Meski begitu, ada beberapa faktor lainnya yang dapat mendukung katarak mata seperti diabetes, penggunaan obat-obatan tertentu, cedera atau operasi mata, dan terlalu sering beraktivitas di bawah matahari menggunakan proteksi mata seperti proteksi.

Katarak merupakan suatu hal yang biasa terjadi seiring dengan mata seseorang semakin tua. Umumnya, gejala katarak mata adalah:

Terdapat berbagai jenis katarak. Biasanya, kondisi ini diklasifikasikan sesuai dengan letak atau cara katarak tersebut muncul. Dikutip dari Healthline, beberapa jenis katarak adalah:

Satu-satunya cara untuk mengobati katarak adalah dengan operasi mata. Dikutip dari WebMD, jika memiliki masalah penglihatan di tahap awal, lensa kacamata yang lebih kuat dapat membuat penglihatan lebih baik untuk sementara.

Jika kesulitan membaca, coba gunakan lampu yang lebih terang atau kaca pembesar. Namun, jika silau menjadi masalah utama, bisa dicoba menggunakan kacamata khusus yang memiliki lapisan anti-silau. Kacamata itu dapat membantu ketika mengemudi di malam hari.

Sangat penting untuk diingat jika katarak mata telah mempengaruhi aktivitas sehari-hari, apalagi jika membuat mengemudi sangat berbahaya, baik untuk segera ke dokter untuk konsultasi mengenai operasi.

Tidak ada cara khusus sepenuhnya untuk mencegah katarak. Hal itu karena kondisi ini merupakan suatu hal yang cenderung terjadi saat proses penuaan. Meski begitu, terdapat beberapa cara untuk mengurangi akses seperti:

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.