Kesehatan

Justin Bieber Mengaku Terkena Sindrom Ramsay Hunt, Apa Itu?

Spread the love

– Penyanyi asal Amerika Serikat Justin Bieber mengaku menderita Ramsay Hunt Syndrome yang membuatnya tidak bisa menggerakkan separuh wajahnya atau mengalami kelumpuhan pada sebagian wajah. situs slot gacor

Kelumpuhan separuh wajah yang dialami penyanyi yang terkenal karena lagu “Baby” tersebut membuatnya menunda konsernya.

“Dari virus inilah yang menyerang saraf di telinga dan saraf wajah, menyebabkan wajah saya lumpuh,” papar Justin Bieber dalam videonya seperti dikutip dari CNN Internasional, Sabtu (11/6/2022).

Dilansir dari Mayo Clinic, Ramsay Hunt Syndrome atau Sindrom Ramsay Hunt (herpes zoster oticus) terjadi saat wabah herpes zoster mempengaruhi saraf wajah di dekat salah satu telinga.

Selain ruam herpes zoster yang menyakitkan, sindrom Ramsay Hunt dapat menyebabkan kelumpuhan wajah dan gangguan pendengaran di telinga yang terkena.

Kondisi kelumpuhan wajah atau penyebab gejala Ramsay Hunt Syndrom yang dialami Justin Bieber ini disebabkan virus yang sama dengan penyebab cacar air.

Setelah cacar air sembuh, virus masih hidup di saraf, bertahun-tahun kemudian dapat diaktifkan kembali. Saat itu terjadi, dapat mempengaruhi saraf wajah.

Pengobatan sindrom Ramsay Hunt sesegera mungkin dapat mengurangi risiko komplikasi, yang bisa mencakup kelemahan otot wajah permanen dan tuli.

Sementara itu, gejala utama dan dua tanda dari sindrom Ramsay Hunt meliputi:

Biasanya, ruam dan kelumpuhan wajah terjadi secara bersamaan.

Apabila memiliki sindrom Ramsay Hunt, seperti dialami Justin Bieber, mungkin akan mengalami sakit telinga, gangguan pendengaran, telinga berdenging (tinnitus), kesulitan menutup satu mata, vertigo, serta mulut dan mata kering.

Freepik Ilustrasi kelumpuhan wajah pada penderita ramsay hunt syndrome.

Sindrom Ramsay Hunt dapat terjadi pada siapa pun yang pernah menderita cacar air.

Ini lebih sering terjadi pada orang dewasa yang lebih tua, mempengaruhi orang lebih dari 60 tahun, dan jarang terjadi pada anak-anak.

Sindrom Ramsay Hunt tidak menular, tapi reaktivasi virus varicella-zoster dapat menyebabkan cacar air pada orang yang belum pernah menderita cacar atau telah divaksinasi.

Infeksi bisa serius bagi orang yang memiliki masalah sistem kekebalan.

Perlu diketahui, sampai lepuh ruam berkeropeng, hindari kontak fisik dengan siapapun yang belum pernah menderita cacar air atau vaksin cacar air, orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah, bayi baru lahir, dan wanita hamil.

Komplikasi sindrom Ramsay Hunt dapat mempengaruhi kehilangan pendengaran permanen dan kelemahan wajah, kerukasan mata, serta neuralgia pascaherpetik.

Jika mengalami kelumpuhan wajah atau ruam herpes zoster di wajah, segera hubungi dokter.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.