Teknologi

Jangan Abaikan Tuas Persneling Transmisi Otomatis Pahami Arti Angka Dan Huruf

Spread the love

JAKARTA, – Mobil matic juga memiliki simbol pada pemindah gigi yang berbeda dengan manual karena mekanisme pengoperasian yang berbeda.

Selain angka, kode ditulis berdasarkan huruf yang mewakili setiap fungsi di tuas transmisi otomatis. jokergaming

Nah, jika Anda seorang pengemudi pemula yang baru ingin mengendarai mobil matic, ada baiknya Anda membiasakan diri dengan fungsi dari masing-masing huruf dan angka tersebut.

Demikian pula, itu bisa menjadi fitur terpisah, seperti dalam desain ikon transportasi untuk satu pembuat mobil dan lainnya.

/Aprida Mega Nanda, tombol kunci dengan tuas transmisi otomatis

Suparna dari bengkel Cilandak Auto2000 mengatakan, pada tuas transmisi otomatis mobil terdapat banyak angka dan huruf. Meski disain pabrikan berbeda, fungsi dan pengoperasiannya sebenarnya sama.

” Tuas pemindah gigi mobil matic biasanya ada kombinasi huruf dan angka, seperti PRND-2-L, juga PRD-D3-2-L, hanya ada PRNDS. Pada dasarnya sama, yang penting masing-masing Fungsinya harus dipahami,” ujarnya baru-baru ini kepada .

Artinya, jika tuas transmisi pada kendaraan manual, angka dan huruf yang disebutkan menunjukkan kecepatan akselerasi, sedangkan simbol transmisi otomatis kendaraan tidak menunjukkan gigi percepatan.

Kode numerik dan huruf lebih umum digunakan untuk menggambarkan berbagai fungsi seperti:

trotoar. Tampilan dashboard TAM untuk Toyota Avanza terbaru.

Ketika pengemudi mengubah posisi gigi transmisi dari D (jalan) ke P, transmisi terkunci dan kendaraan tidak dapat bergerak.

Oleh karena itu, kendaraan tidak bisa lagi didorong dan mode ini juga diawali saat start atau parkir.

Di semua mobil, pengemudi biasanya menggunakan mode R atau mode mundur untuk memundurkan mobil.

Pada posisi ini, sistem transmisi tidak terhubung dan sistem penggerak tidak bekerja. Artinya, saat pengemudi menggeser posisi tuas transmisi ke D, mesin dan transmisi terhubung ke roda.

Untuk menghidupkan mobil, pengemudi dapat memindahkan gigi ke mode Drive atau D. Mode ini digunakan untuk operasi normal dan biasanya digunakan pada mobil modern 4 atau 5 kecepatan di mana komputer ECU secara otomatis menyesuaikan akselerasi sesuai dengan putaran mesin.

/Alsadad Rudi Transmisi otomatis milik Chevrolet Trax.

Posisi gigi ini biasanya digunakan pada mobil matic untuk jalan terjal atau saat pengemudi ingin menyalip akselerasi. Namun, kecepatan tertinggi hanya ditetapkan pada gigi dua, sehingga unit ECU membaca putaran mesin dan menyesuaikan kecepatan kendaraan.

Saat gigi L atau rendah, biasanya menjadi gigi 1 dan digunakan saat menuruni tanjakan yang curam.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.