Lifestyle

Ingin Punya Rumah Idaman? Ikuti 4 Tips Berikut Untuk Realisasikan Hunian Impian

Spread the love

– Ada berbagai cara yang dapat dipilih seseorang untuk mewujudkan impian dalam memiliki hunian, mulai dari membeli rumah baru dari developer, membeli rumah bekas atau second home, hingga membangun rumah secara mandiri. slot pulsa gacor

Namun, jika ingin memiliki hunian sesuai harapan, cara terakhir patut dipertimbangkan. Dengan membangun rumah sendiri, Anda bebas menentukan konsep desain yang disukai. Selain itu, Anda juga bisa terlibat dalam tiap tahapan pembangunan rumah, mulai dari awal hingga akhir.

Dengan demikian, Anda bisa mengawasi tiap tahapannya. Bujet yang dikeluarkan pun bisa ditekan sehingga tidak membengkak.

Bagi Anda yang ingin membangun rumah sendiri, berikut bagikan empat tips yang bisa dicoba.

1. Pilih lokasi lahan

Hal pertama yang mutlak dipertimbangkan saat hendak membangun rumah adalah memilih lokasi lahan yang tepat. Hal ini tak boleh diabaikan, terutama bagi pemula yang ingin membangun rumah secara mandiri.

Untuk urusan tersebut, Anda tidak boleh sembarangan. Sebab, lokasi akan menentukan kenyamanan, aksesibilitas, dan nilai investasi dari properti yang akan dibangun.

Ada beberapa hal yang umum dipertimbangkan dalam memilih lokasi hunian. Salah satunya adalah aksesibilitas ke berbagai sarana publik, mulai dari transportasi umum, jalan tol, sekolah, rumah sakit, hingga sentra belanja.

Selain itu, perhatikan pula prospek kawasan tersebut di masa depan. Hal ini akan menentukan nilai investasi properti.

Tak kalah penting, pastikan status kepemilikan dan keaslian sertifikat tanah untuk meminimalisasi risiko konflik di masa mendatang.

2. Tentukan luas lahan dan bangunan rumah

Setelah mendapat lokasi ideal untuk membangun rumah, berikutnya adalah menentukan luas bangunan rumah yang hendak dibangun dengan menyesuaikan dengan luas lahan yang dimiliki. Sebab, hal ini akan menentukan bujet yang akan dikeluarkan.

Pada umumnya, luas bangunan rumah dalam satuan meter persegi digunakan untuk menyebut tipe rumah, misalnya tipe 21, 36, 45, 54, 60, dan 70.

Adapun tipe-tipe rumah itu cocok digunakan untuk membangun rumah dengan konsep minimalis. Sementara, bila Anda ingin membangun rumah kategori mewah, pilih rumah dengan luas bangunan 120 meter persegi ke atas.

Dengan mengetahui tipe rumah yang diinginkan, Anda dapat mengatur bujet sesuai dengan kemampuan keuangan yang dimiliki.

Tak kalah penting, pahami pula ketentuan garis sempadan bangunan (GSB) untuk meminimalisasi segala macam risiko dalam membangun rumah.

Untuk diketahui, GSB mengatur jarak antara suatu bangunan dan bangunan yang lainnya. Misalnya, jarak antara rumah yang Anda bangun dan rumah tetangga atau muka jalan. Setiap daerah memiliki aturan tersendiri terkait jarak ideal GSB sesuai rencana detail tata ruang.

Untuk pemukiman perumahan, standar yang ditetapkan dapat berkisar antara tiga hingga lima meter. Sementara, bagi bangunan yang terletak di pinggir jalan, GSB ditentukan berdasarkan fungsi dan kelas jalan.

3. Pilih konsep desain rumah

Setelah menentukan luas bangunan, Anda perlu memilih konsep desain rumah. Selain berpengaruh terhadap bujet, konsep desain rumah juga dapat memberikan rasa nyaman dan aman bagi penghuninya.

Oleh karena itu, pilihlah konsep desain yang tepat sesuai keinginan dan kepribadian Anda. Sebab, jika kurang cocok, Anda harus menambah biaya untuk merenovasi.

Untuk mendapat gambaran yang lebih jelas terkait desain yang ideal dan tak salah saat pembangunan, Anda dapat melakukan sejumlah riset terlebih dahulu. Anda bisa menggali informasi mendalam dari web properti, majalah desain interior, media massa, dan berkonsultasi langsung dengan praktisi atau arsitek tepercaya.

Ada beberapa konsep desain rumah yang bisa dipertimbangkan, misalnya desain klasik, minimalis, modern, industrial, dan konsep rumah terbuka.

4. Gaet kontraktor atau pemborong berpengalaman

Anda sudah mengetahui luas bangunan dan konsep desain, kini saatnya mencari kontraktor atau pemborong yang akan membangun rumah impian.

Baik kontraktor maupun pemborong sebenarnya punya kemiripan. Mereka mengerjakan pembangunan rumah, mulai dari membeli bahan hingga menyiapkan tukang.

Perbedaan keduanya terletak pada perjanjian kerja. Kontraktor biasanya berbadan hukum dan bekerja berdasarkan perjanjian tertulis. Kontraktor memberikan garansi terhadap bangunan yang dikerjakan.

Sementara, pemborong adalah perorangan yang bekerja berdasarkan kesepakatan lisan. Pemborong biasanya mematok harga lebih murah. Akan tetapi, pemborong tidak menawarkan garansi kualitas bangunan.

Oleh karena itu, timbang-timbang terlebih dahulu sebelum menentukan kontraktor atau pemborong. Jangan lupa cek rekam jejak sebelum memutuskan.

Selain menentukan pemborong atau kontraktor, Anda juga harus paham soal bahan bangunan, mulai kualitas dan harganya. Dengan begitu, Anda dapat meminimalisasi permainan harga oleh kontraktor atau pemborong.

Nah, itulah 4 tips membangun rumah secara mandiri. Anda dapat mempraktikkan tips tersebut sebagai pegangan dasar dalam merencanakan pembangunan rumah secara mandiri.

Guna mewujudkan rumah impian yang ideal, sebaiknya bangun hunian pada tanah kaveling yang ditawarkan pengembang tepercaya. Anda pun dapat menengok kaveling properti kenamaan dari Sinar Mas Land.

Dengan mengunjungi laman Sinar Mas Land, Anda bisa mempertimbangkan berbagai kaveling yang ditawarkan Sinar Mas Land untuk membangun rumah impian.

Kaveling yang ditawarkan Sinar Mas Land tersebar di berbagai kota. Di Bumi Serpong Damai (BSD) City, misalnya, Sinar Mas Land menawarkan kaveling di Savia Park, Vanya Park (Anila, Assana, Azura), The Mozia (Amata, Amarine), dan The Eminent.

Selain itu, ada pula kaveling di Taman Banjar Wijaya di Tangerang, The Nove Nuvasa Bay di Batam, Grand City Balikpapan, serta Surabaya di Wisata Bukit Mas dan Notredame.

Selain itu, Sinar Mas Land saat ini tengah menawarkan program Promo Kaveling Double Dream. Anda bisa memanfaatkan penawaran tersebut untuk deal secepatnya untuk mendapatkan berbagai keringanan.

Dengan cicilan mulai dari Rp 9 jutaan per bulan, Anda bisa mendapatkan keringanan 27 persen plus Rp 50 juta.

Sinar Mas Land juga menawarkan promo spesial ringan kredit pemilikan tanah (KPT), mulai dari 4,15 persen dengan tenor sampai dengan delapan tahun. Ada pula subsidi biaya admin dan provisi serta berkesempatan mendapatkan hadiah lainnya.

Promo tersebut berlaku selama produk yang ditawarkan masih tersedia dan melakukan transaksi saat promo juga berlangsung pada periode 16 Mei-30 Juni 2022.

Sinar Mas Land juga menggandeng 10 bank sebagai mitra untuk memberikan kemudahan promo tersebut, yaitu BCA, CIMB Niaga, Permata Bank, Maybank, BNI, OCBC NISP, UOB, Danamon, Panin Bank, dan CCB Indonesia.

Bagaimana, menarik bukan?

Dapatkan properti tanah kaveling di Sinar Mas Land untuk bangun rumah impianmu. Segera lakukan deal secepatnya selama periode promo untuk mendapatkan tambahan keringanan.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, Anda dapat mengakses situs web Sinar Mas Land dan e-Catalog atau menghubungi call center 021 53159000.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.