Nasional

Helm Pembalap Formula E Harganya Rp 92 Juta, Apa Istimewanya?

Spread the love

JAKARTA, – Setiap pebalap Formula E diwajibkan untuk menggunakan helm. Tapi, bukan sembarang helm juga yang bisa digunakan.

Spesifikasi yang diperlukan untuk helm pebalap Formula E juga sangat tinggi. Sebab, mobil Formula E dapat melaju hingga 280 kilometer per jam.

Maka itu, penting untuk melindungi bagian kepala. Setiap helm juga harus dihomologasikan sesuai dengan ketentuan yang dikeluarkan oleh FIA.

Martyn Smith, perwakilan dari tim balap Nissan e.dams, menjelaskan keunggulan apa saja yang dimiliki helm pebalap Formula E. Untuk ini, helm yang digunakan adalah milik Maximilian Gunther. slot pulsa

Helm pebalap Formula E, milik Maximilian Gunther dari tim Nissan e.dams

“Setiap pebalap memiliki dua helm. Biasanya, mereka juga memiliki visor yang berbeda, tergantung bagaimana kondisi pencahayaan,” ujar Martyn, saat ditemui di paddock Nissan e.dams, di Jakarta International E-Prix Circuit, Jumat (3/6/2022).

Martyn mengatakan, ketika cuaca benar-benar cerah, maka visor yang digunakan lebih gelap. Lalu, helm kedua akan dipersiapkan dengan visor bening.

/Adityo Helm pebalap Formula E, milik Maximilian Gunther dari tim Nissan e.dams

“Visor yang digunakan juga anti peluru. Jadi, dapat menahan proyektil yang datang. Helmnya juga sangat ringan, sekitar 1,5 kg, karena terbuat dari serat karbon,” kata Martyn.

Martyn menambahkan, pada bagian visor juga terdapat lembaran plastik yang disebut dengan tear off. Jadi, saat visor basah, ada karet ban atau serangga yang menempel, pebalap cukup melepas tear off.

Helm pebalap Formula E, milik Maximilian Gunther dari tim Nissan e.dams

“Sehingga, mereka akan selalu punya visibilitas yang baik. Ada beberapa lembar tear off yang menempel pada visor,” ujarnya.

Kemudian, pada helm juga terdapat kabel yang akan menghubungkan pebalap dengan sistem radio komunikasi.

Kabel tersebut juga dapat dihubungkan dengan speaker agar pebalap dapat mendengarkan komunikasi dari tim, serta di bagian mulut juga terdapat microphone.

Helm pebalap Formula E, milik Maximilian Gunther dari tim Nissan e.dams

“Setiap pebalap diizinkan untuk menggunakan desain masing-masing pada helmnya. Jadi, pebalap bisa mengekspresikan kepribadiannya melalui helm,” kata Martyn.

Martyn mengatakan, helm keluaran Bell yang digunakan oleh pebalapnya tersebut dibanderol sekitar 6.000 euro atau Rp 92 jutaan. Harga tersebut sudah termasuk dengan pengecatan.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.