Lifestyle

Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Rumah Tua

Spread the love

JAKARTA, -Membeli rumah tua menjadi salah satu cara mendapatkan hunian dengan harga murah. slot pulsa tanpa potongan

Ya, dibanding rumah baru, rumah tua cenderung memiliki harga relatif lebih rendah di pasaran properti meski memiliki ukuran serta berada di wilayah yang sama.

Namun, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat membeli rumah tua. Misalnya, sebagian besar rumah tua memerlukan perbaikan seperti atap yang bocor, kusen pintu dan jendela yang sudah digerogoti rayap, dan lantai yang sudah rusak.

Selain itu, ada bahan bangunan berbahaya seperti asbes, masalah struktural, dan kebocoran misterius yang bisa membuat tukang ledeng paling berpengalaman sekalipun menggaruk-garuk kepala mengerjakannya.

Meski begitu, bukan berarti membeli rumah tua harus dihindari. Hanya saja, Anda harus siap menangani masalah perbaikan rumah secara rutindaripada membeli rumah baru.

Nah, bila berkeinginan membeli rumah tua, berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum menandatangani akta jual-beli dilansir dari Moving, Jumat (3/6/2022).

Segalanya bisa menjadi mahal

Shutterstock/Brett Taylor Photography Ilustrasi rumah, ilustrasi rumah tua. Beberapa rumah tua memiliki struktur bangunan yang kokoh dan bisa berdiri lama selama memiliki konstruksi tepat.

Namun, rumah tua juga mengalami sedikit masalah, bahkan masalah besar, yang dapat membuat rencana renovasi menjadi sia-sia.

Misalnya, memperbaiki atap rumah yang bisa menelan biaya mahal. Selain itu, memperbaiki beberapa jendela yang membutuhkan cukup biaya serta menggantikabel listrik yang telah usang.

Meski membeli rumah tua tidak selalu memiliki beberapa perbaikan mahal pada masa depan, itu harus Anda pikirkan sebelum membelinya, terutama jika tidak ingin mengeluarkan biaya renovasi.

Harga murah berarti banyak masalah

Setiap kali melihat rumah yang lebih tua dengan harga lebih rendah dari yang diharapkan, biasanya karena penjual memperhitungkan sesuatu, baik itu perbaikan rumah yang tidak ingin mereka urus sendiri maupun fitur ketinggalan zaman yang akan menghabiskan biaya untuk memperbaruinya.

Namun, hal itu tidak berarti rumah tua tidak layak dibeli, tetapi itu berarti bahwa apa yang tampak seperti kesepakatan yang bagus di atas kertas tidak selalu menjadi kesepakatan bagus dalam kenyataan.

Jika tertarik membeli rumah tua dengan biaya sangat rendah, pastikan melakukan riset sebelumnya. Cari tahu informasi rumah tersebut sebanyak mungkin seperti laporan inspeksi masa lalu dan dokumen relevan lainnya, yang memberi tahu Anda tentang kemungkinan area masalah di rumah.

Terbatas dalam hal renovasi

Shutterstock/Resul Muslu Ilustrasi rumah tua. Meski tidak selalu demikian, beberapa rumah tua memiliki batasan dalam hal renovasi seperti apa yang dapat dan tidak dapat dilakukan.

Periksa dengan Building and Planning Department atau Departemen Bangunan dan Perencanaan untuk area rumah itu berada guna mengetahui batasan.

Ada kemungkinan Anda akan dibatasi dalam hal perubahan seperti tidak diizinkan untuk menambah struktur, memagari properti, atau membuat perubahan pada tata letak interior.

Jika berencana merenovasi rumah, penting mempertimbangkan hal tersebut sebelum melakukan pembelian rumah tua. Tanyakan apa saja batasannya sehingga tidak akan terkejut nantinya ketika mendapatkan izin renovasi.

Melibatkan banyak ahli

Untuk memastikan bahwa Anda melakukan investasi cerdas saat membeli rumah tua, sebaiknya memiliki banyak orang di tim Anda.

Itu tidak hanya mencakup agen real estate, tetapi juga seorang insinyur, kontraktor, dan inspektur yang memiliki banyak pengalaman dengan rumah tua dan bersejarah. Melibatkan banyak ahli berarti mengeluarkan biaya lebih.

Meski dibangun untuk bertahan lama, umumnya rumah tua dilengkapi dengan fitur-fitur yang cukup kuno seperti pipa ledeng, kabel listrik, atap, dan pemanas.

Mengumpulkan tim ahli yang dapat memeriksa fitur-fitur utama ini sebelum pembelian, akan memberi Anda informasi awal tentang sistem apa pun yang perlu diganti dalam waktu dekat.

Ini juga akan memberi Anda banyak ketenangan pikiran. Lebih baik mengetahui bahwa atap perlu diganti dalam beberapa tahun daripada hanya mengetahui fakta itu ketika mulai bocor ke dapur.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.