Berita

Gempa Terkini Guncang Lampung M 5,3 Berpusat Di Zona Seismic Gap

Spread the love

– Gempa bumi tektonik berkekuatan 5,3 magnitudo mengguncang wilayah Tanggamus, Lampung. Gempa terkini Selasa (31/5/2022) pukul 14.10.06 WIB ini berpusat di zona seismic gap. slot88

Koordinator Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono menjelaskan, episenter gempabumi terletak pada koordinat 6,18° LS ; 104,11° BT.

“Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 49 km arah Selatan Bangkunat, Pesisir Barat, Lampung dengan kedalaman 63 km,” kata Daryono saat dihubungi , Selasa (31/5/2022).

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, lanjut Daryono, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi lempeng.

Adapun hasil analisis BMKG, mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa hari ini di Lampung memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Gempa bumi terkini, hari ini di Lampung berdampak dan dirasakan di beberapa daerah sebagai berikut:

Daryono menegaskan, hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Hasil monitoring BMKG hingga pukul 14.30 WIB belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Ia menambahkan, gempa bumi yang terjadi termasuk zona seismic gap atau zona kekosongan gempa besar. Gempa bumi ini dapat diwaspadai dikarenakan tidak ada catatan gempa besar dalam waktu lama.

“Karena tidak ada catatan gempa besar ratusan tahun maka diduga zona ini sedang akumulasi dan suatu saat bisa terjadi gempa kuat. Akan tetapi tidak dapat diprediksi, hanya potensi saja saat ini,” jelas Daryono menjelaskan pusat gempa Lampung hari ini.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.