Travel

Dilanjutkan Ke Plunyon Kalikuning, Lokasi Syuting KKN Di Desa Penari

Spread the love

– Tempat wisata Plunyon Kalikuning menjadi perbincangan akhir-akhir ini karena menjadi salah satu lokasi syuting film KKN di Kampung Penari.

Secara estetika dan daya tarik utama Plunyon Kalikuning adalah Jembatan Plunyon dengan panorama perbukitan dan hutan pinus yang indah.

Sub Bagian (Kasubag) Direktur Taman Nasional Jabal Merapi Departemen Ahmadiyah mengatakan, wisata tersebut memiliki karakter unik yang sedikit diketahui wisatawan. slot online terpercaya

Al-Ahmadi menjelaskan kepada , Minggu (22/5/2022) ”Yang membedakan Plunyon Kalikuning adalah adanya aliran air yang menjadi dasar jembatan tersebut dibangun.”

Menurutnya, banyak orang yang tidak mengetahui dan menganggap jembatan tersebut biasa saja. Bahkan, aliran air di bawahnya masih aktif digunakan untuk irigasi.

Saat cuaca cerah dan kabut tidak terangkat, keindahan Gunung Merapi terlihat jelas dari jembatan.

Lokasi dan Rute Flunyol Kalikuning

/YUSTINUS WIJAYA KUSUMA Wisatawan yang berjalan di Jembatan Plunyon menikmati pemandangan dan suasana alam

Plunyon Kalikuning masih berada di kawasan TNGM (Taman Nasional Gunung Merapi), tepatnya Kedungsriti, RT.01/RW.06, Umbulharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Menurut situs Badan Otoritas Kemenparekraf Borobudur, jaraknya sekitar 50 menit berkendara dari Yogyakarta, dan jaraknya sekitar 24 km.

Dari pusat kota Yogyakarta yakni Malioboro, Anda bisa langsung menuju Jalan Kaliurang.

Menurut Google Maps rute lengkapnya dari Malioboro selatan ke Jalan perwakilan.

Lewati Hasian Malioboro Motel dan belok kiri ke Jalan Mataram. Kemudian belok kanan di Jalan Abu Bakar Ali. Sekitar 550m belok kiri menuju Jalan Yos Sudarso.

Selanjutnya, menggunakan jalur tengah, belok sedikit ke kanan menuju Jalan Faridan Murid Noto. Kemudian belok kiri menuju Jalan Suroto. Setelah kira-kira 1,2 km (km), ambil jalan keluar pertama pada putaran menuju Jalan Turban.

Lewati KFC di sebelah kanan dan belok kanan ke Jalan Unity. Anda kemudian akan langsung berangkat untuk menginap di Jalan Kaliurang.

Dari Kaliurang, terus berjalan sampai Anda berbelok ke kiri ke arah Lavatour atau Umbulharjo, dan ketika Anda mencapai sekitar 100m dari pusat belok kiri.

Selanjutnya Anda akan menemukan pertigaan dengan pohon beringin kecil. Selanjutnya belok kanan dan terus lurus sampai Anda mencapai tujuan Anda, Jembatan Plunyon.

/YUSTINUS WIJAYA KUSUMA Wisata Alam Plunyon Kalikuning, Umbulharjo, Provinsi Cangkringan, Gerbang Kabupaten Sleman

Jam Operasional Plunyol Kalikuning

Jika ingin berkunjung ke tempat ini bisa datang dari pukul 07.00 WIB hingga 16.00 WIB. Tur Plunyon Kalikuning ditutup untuk umum pada hari Senin.

Fasilitas dan Kegiatan Plunyon Kalikuning

Menurut Al-Ahmadi, ada banyak aktivitas seru yang bisa dicoba wisatawan, seperti tamasya ke tempat wisata alam terdekat atau wisata jembatan gantung.

Al-Ahmadi mengatakan, “Kegiatan yang bisa Anda lakukan antara lain tamasya ke objek wisata Ambul Temanten dan Taman Turki, berjalan di jalur kanopi atau jembatan gantung.”

Tempat wisata ini sempat rusak akibat erupsi Gunung Merapi namun kini dalam kondisi baik dengan perbaikan yang sudah selesai.

Sebuah jalan kanopi dipasang di antara pohon-pohon pinus dan beranda berbentuk rumah, yang mengarah ke zona foto berbentuk sangkar burung.

Harga tiket Plunyol Kalikuning

Harga tiket masuk kawasan wisata Plunyol Kalikuning Rp 5.000 pada hari biasa dan Rp 7.500 per orang pada hari libur.

Ada juga security fee sebesar Rp 2.000 yang harus dibayar wisatawan.

Jika membawa sepeda sendiri dikenakan biaya tambahan sebesar 2000 rupee, dan jika ingin berkemah harus membayar 5000 rupee.

Biaya parkir untuk sepeda motor adalah 2.000 rupee dan 5.000 rupee untuk mobil.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.