Lifestyle

Deadlift 129,5 Kg Dengan 1 Jari, Pecahkan Rekor Dunia Berumur 10 Tahun

Spread the love

– Pria Inggris bernama Steve Keeler memecahkan rekor dunia dengan melakukan deadlift terberat hanya menggunakan satu jari.

Capaian ini merupakan rekor yang bertahan selama lebih dari 10 tahun. slot depo pulsa

Hanya menggunakan jari tengahnya, seniman bela diri asal Kent ini berhasil mengangkat beban seberat 129,50 kg, selama delapan detik.

Steve pertama kali melakukan upaya tersebut di Ashford, Kent pada Februari 2022.

Dia memamerkan kekuatannya yang luar biasa itu dengan mengangkat lebih dari 120 kg hanya menggunakan satu jari, sambil dikelilingi sorak-sorai penonton.

Dalam percobaan tersebut, dia mengangkat enam piringan besi sekaligus.

Ada yang lebih kecil berukuran kira-kira 10 kg, satu 20 kg, tiga masing-masing berukuran sedikit di atas 25 kg, dan satu lagi berukuran 26 kg.

“Ini sangat menyakitkan, tetapi jari-jari saya kuat dan saya bangga dengan gaya angkat saya,” kata dia seperti yang dikutip dari situs web Guinness World Records.

Latihan kekuatan

Pada usia 48 tahun, Steve telah berlatih kekuatan selama empat tahun terakhir. Dia juga berlatih bela diri di dojo sejak masih remaja.

Lantas, kala dia menekuni karate di usia 18 tahun, dia baru menyadari tangannya memiliki kekuatan yang sangat baik melalui genggaman judo.

Sebagai peminat bela diri, dia memang menguasai banyak bentuk latihan, termasuk karate dan judo.

Di sanalah dia akhirnya menemukan bahwa tangan kosongnya dapat mematahkan blok dan dia memiliki tulang yang kuat.

Kemudian, dalam salah satu sesi latihan kekuatan dengan rekan latihannya, Steve menemukan bahwa kemampuan mengangkatnya jauh di atas normal, dan – mungkin bisa – memecahkan rekor.

Sambil bermain-main dengan beberapa beban, dia pun mengangkat satu set hanya dengan jari tengahnya.

Memecahkan rekor dunia

Setelah mengetahui kekuatannya, atlet itu memutuskan untuk mencari gelar Guinness World Records.

Dia memperhatikan rekor sebelumnya, yang dipegang oleh Benik Israyelyan dari Armenia dan sudah tak terkalahkan selama 10 tahun.

Selain itu, dia juga menyadari bahwa angkatan dalam rekor tersebut cuma 50 kg lebih banyak daripada yang telah dia angkat.

Menyadari bahwa dia bisa mengalahkan rekor tersebut, Steve mulai berlatih untuk semakin memperkuat tulang dan membangun ketahanannya.

Terbukti, dengan keyakinan dan latihannya yang tekun, Steve pun berhasil mendapatkan gelar Guinness World Records.

“Ayah tiri saya adalah pahlawan mutlak saya. Ketika saya masih kecil, dia datang ke dalam hidup saya dan membantu saya dengan masalah yang saya miliki [seperti masalah] sepeda saya,” kata dia.

“Dia juga mengikuti latihan kekuatan, dan rekor ini akan didedikasikan untuk semua yang dia ajarkan kepada saya,” ujar dia.

Rekor sebelumnya

Pemegang rekor sebelumnya, Benik Israyelyan, mengangkat 116,90 kg dengan jari tengah kanannya pada tahun 2011.

Tahun berikutnya, Benik memutuskan untuk mencoba lagi dan memperbaiki rekornya sendiri dan dia berhasil mencapai berat luar biasa yakni 121,70 kg.

Itu merupakan hasil yang tak terkalahkan sampai Steve akhirnya mampu mengatasi tantangan tersebut.

Capaian angkatan total 129,50 kg, Steve telah memecahkan rekor yang berumur satu dekade, dengan selisih hampir 10 kg.

Meskipun Steve dan Benik membuat banyak orang kagum dengan kekuatan dan teknik mereka, namun menggunakan jari tengah bukanlah satu-satunya tak lazim dalam melakukan deadlift.

Pada tahun 2013, Suren Aghabekyan dari Armenia ternyata pernah memecahkan rekor deadlift terberat dengan jari kelingking.

Dia mampu mengangkat beban seberat 110 kg. Jelas, ini bukan sesuatu percobaan yang bisa kita lakukan di rumah.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.