Lifestyle

Cara Menggunakan Minyak Esensial Di Rumah Untuk Tidur Nyenyak

Spread the love

JAKARTA, – Kurang tidur dapat membuat sulit beraktivitas pada keesokan harinya karena masih merasa kantung sehingga mempengaruhi konsentrasi. slot online gacor

Berbagai cara pun dilakukan banyak orang untuk membantu tidur dan menjaga kualitas tidur tetap baik.

Salah satu cara mudah memperoleh tidur nyenyak adalah menggunakan minyak esensial (essential oil).

Dikutip dari Mind Body Green, Senin (6/6/2022), minyak esensial memiliki wewangian pekat yang berasal dari tumbuhan. Minyak esensial juga mengandung senyawa yang memberikan sifat antibakteri dan antimikroba.

Produsen aromaterapi memanfaatkan wangi dan sifat minyak esensial untuk mempromosikan perubahan keadaan dalam tubuh.

Riset bertajuk “A Systematic Review of the Effect of Inhaled Essential Oils on Sleep” dalam National Library of Medicine, National Center for Biotechnology Information, melakukan studi terkait hal ini.

Walhasil menunjukkan bahwa wewangian tertentu dalam minyak esensial dapat mengirim sinyal cepat ke otak bahwa sudah waktunya tubuh untuk bersantai.

Perlu diketahui, hidung dan otak dihubungkan oleh bohlam penciuman (Bulbus olfactorius).

Cara menggunakan minyak esensial untuk tidur

Unsplash/Towfiqu barbhuiya Ilustrasi minyak esensial.

Beberapa orang lebih senang untuk mencium wangi minyak esensial dengan mengendus wadahnya. Namun, ada beberapa cara efektif untuk membantu tidur lebih nyenyak.

Ahli minyak esensial dan founder Osmia, Sarah Villafranco, mengatakan bahwa cara paling efektif menggunakan minyak esensial adalah memasukkannya ke rutinitas kebersihan sebelum tidur.

Berikut empat cara menggunakan minyak esensial di rumah untuk bisa membantu tidur lebih nyenyak.

Villafranco memiliki cara favorit menggunakan minyak esensial di rumah dengan menuangkan beberapa tetes minyak ke lantai shower.

Namun, jangan tuangkan ke area yang terlalu dekat dengan saluran pembuangan atau di tempatmu berdiri agar minyak esensial tidak cepat terbuang dan menghindari terpeleset.

Aroma minyak esensial akan diaktifkan oleh uap panas dari showerdan membuatmu merasa seperti sedang mandi di spa.

Aroma mawar dapar secara alami memberikan efek menenangkan dan membantu menurunkan tingkat stres sehingga dapat membantu mengatasi masalah susah tidur.

Jika lebih senang berendam di bathtub, tambahkan beberapa tetes minyak esensial untuk memberi aroma harum pada air.

Akan tetapi, cara ini membuat minyak bersentuhan lebih dekat dengan tubuh. Jadi, pastikan minyak esensial yang dipilih tidak berpotensi mengiritasi kulit.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah menggunakan diffuser minyak esensial. Ini dapat menyebarkan aroma ke seluruh ruangan.

Villafranco merekomendasikan menyalakan diffuser sekitar 15 menit sebelum tidur, kemudian matikan. Hindari menyalakan diffuser semalaman.

Miinyak esensial peppermint.

Valencia McClure, founder The Artistry of Essential Oils, merekomendasikan menuangkan 10-20 tetes minyak esensial ke dalam dua cangkir air suling untuk disemprotkan ke bantal.

“Semprotkan minyak esensial secara lembut pada linen yang baru dibersihkan sebelum tidur,” ujar McClure.

Namun, cara ini sama dengan minyak esensial dituangkan ke bathtub karena langsung bersentuhan dengan kulit.

Walhasil, hindari minyak esensial yang berpotensi mengiritasi kulit seperti spearmint, pepermint, kayu manis, dan timi. Keempat aroma ini juga kurang tepat untuk digunakan saat tidur.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.