Lifestyle

Cara Memanfaatkan Tanaman Hosta Untuk Mempercantik Halaman Rumah

Spread the love

JAKARTA, – Selain mengecat dinding dan merapikan lanskap, menghadirkan tanaman di halaman rumah dapat membuat eksterior rumah tampak lebih berwarna dan hidup. slot yang gampang menang

Ada banyak tanaman yang bisa mempercantik halaman rumah, salah satunya hosta. Hosta memiliki tampilan yang cantik dan ragam warna yang memanjakan mata.

Dikutip dari The Spruce, Selasa (31/5/2022), berikut beberapa cara memanfaatkan tanaman hosta untuk mempercantik halaman rumah.

Pilih hosta berukuran besar atau kecil

SHUTTERSTOCK / snapvision Ilustrasi tanaman hosta.

Beberapa hosta memiliki ukuran sangat besar dan dapat tumbuh hingga setinggi 1,2 meter, bahkan lebih tinggi.

Beberapa pilihan populer dan kerap disebut sebagai hosta raksasa adalah Sum and Substance, Frances William (Hosta sieboldiana), dan Blue Angel.

Selain itu, Anda bisa memilih hosta berukuran kecil atau miniatur yang bisa ditanam pada bagian depan bak tanaman agar lebih mudah terlihat. Beberapa varietas hostas kecil yang populer adalah Blue Mouse Ears, Sun Mouse, dan Stiletto.

Gunakan hosta berwarna solid

Tanaman hosta memiliki warna daun yang cukup beragam, dari hijau terang, hijau gelap, biru, kuning kehijauan, emas, hingga varietas berdaun putih.

Untuk varietas hosta Dancing Dragons, memiliki daun berwarna kuning kehijauan yang dilengkapi warna biru.

Jika ingin memilih varietas emas berbatang merah, hosta Lipstick Blonde dan Fire Island bisa menjadi pilihan untuk diletakkan di halaman rumah.

Pilih varietas daun warna-warni

SHUTTERSTOCK / Jacquie Klose Ilustrasi tanaman hosta.

Jika warna solid terlihat membosankan, cobalah varietas hosta yang memiliki daun warna-warni (variegated).

Ada varietas tanaman hosta yang memiliki daun berwarna biru dengan tepian emas, hijau terang dengan tepian hijau gelap, hingga warna putih dengan tepian hijau tua dan sebaliknya.

Warna daun hosta dapat dipengaruhi oleh paparan sinar matahari. Beberapa daun berwarna biru dan hijau tua tampil lebih baik dalam naungan penuh atau sebagian.

Sementara itu, daun dengan tepian berwarna emas dapat memudar menjadi putih jika terpapar terlalu banyak sinar matahari.

Hadirkan tanaman hosta dengan berbagai bentuk

Tanaman hosta memiliki berbagai varietas dengan bentuk daun berbeda. Ada yang ramping, bulat, hingga berbentuk seperti tombak, air mata, juga hati. Bentuk daun yang berbeda ini dapat membuat halaman rumah terlihat lebih menarik.

Tanaman hosta dengan bentuk berbeda

Selain daun, tanaman hosta juga memiliki bentuk yang berbeda.Bentuk tanaman hosta yang berbeda ini tergantung pada varietasnya.

Ada tanaman hosta yang bentuk tubuhnya tumbuh lebih dekat ke tanah dan berdiri tegak seperti vas bunga. Bentuk batangnya pun ada yang tinggi dan pendek.

Gunakan berbagai macam tekstur

SHUTTERSTOCK / Andrii Salomatin Ilustrasi tanaman hosta.

Daun hosta memiliki berbagai macam tekstur seperti halus, mengilap, matte, serta berkerut atau bergelombang. Tekstur ini mempengaruhi cara tanaman hosta memantulkan sinar matahari atau cahaya bulan dan bagaimana tanaman berkilau setelah hujan.

Tanaman hosta yang memiliki warna mirip juga bisa menampilkan desain menarik saat ditanam bersama selama tekstur daunnya berbeda. Selain tekstur, ketebalan daun juga bisa menjadi pertimbangan sebelum menaman tanaman hosta di halaman rumah.

Tanam hosta bersama tanaman lain

Selain bunga hortensia, tanaman hosta juga bisa ditanam dengan cara penanaman pendamping (companion planting).

Tanaman hosta dapat ditanam dengan tanaman naungan perennial seperti pakis, dicentra, dan astilbe. Untuk tanaman annual, ada begonia stroberi yang bisa dijadikan sebagai tanaman pendamping hosta.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.