Olahraga

Berbeda Dengan F1, Bagaimana Format Kualifikasi Formula E?

Spread the love

– Format kualifikasi Formula E jauh berbeda dengan Formula 1 (F1). Di Formula E, posisi pebalap di klasemen akan sangat berpengaruh pada saat kualifikasi. slot deposit pulsa tanpa potongan

Tahun ini menjadi musim kedelapan dari ajang balap mobil bertenaga listrik, Formula E.

Sejak musim 2020-2021, Formula E secara resmi menyandang status Kejuaraan Dunia atau Dunia.

Artinya, Formula E kini berada di level yang sama dengan ajang balap mobil bergengsi lainnya seperti Formula 1 atau F1 dan World Rally Championship (WRC).

Formula E juga menjadi ajang balap single-seater pertama yang mendapat status Dunia di luar F1.

percaya Dunia Formula E sendiri mengusung konsep balapan sehari selesai. Artinya, rangkaian latihan bebas atau latihan bebas, kualifikasi, dan balapan dilaksanakan pada hari yang sama.

Konsep balapan itu juga bakal diterapkan pada Formula E Jakarta yang menjadi seri kesembilan musim ini.

Jadwal Formula E Jakarta 2022 akan digelar di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, pada Sabtu (4/6/2022).

Dilansir dari laman resmi Formula E, jadwal Jakarta E-Prix 2022 akan dimulai dengan sesi latihan gratis pertama (FP1) pada pukul 07.15 WIB, dilanjutkan dengan FP2 mulai pukul 09.00 WIB.

Kemudian, sesi Kualifikasi Formula E Jakarta akan dilaksanakan mulai pukul 10.40 WIB.

Adapun, balapan alias balapan Jakarta E-Prix 2022 bakal dilangsungkan pada pukul 15.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB.

ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA Foto lintasan sirkuit Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) yang telah diaspal di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Rabu (13/4/2022). Pengaspalan Sirkuit Formula E sepanjang 2,4 kilometer dinyatakan telah selesai seluruhnya dan untuk penggunaannya menunggu persetujuan dari Formula E Operation (FEO). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.

Format Kualifikasi Formula E

Berbeda dengan F1 di mana sesi latihan bebas, kualifikasi, dan balapan digelar secara berurutan selama tiga hari, rangkaian seri Formula E hanya dilaksanakan dalam satu hari.

Setelah menjalani dua kali sesi latihan bebas pada pagi hari, jadwal Formula E bakal dilanjutkan ke sesi kualifikasi.

Dihimpun dari laman resmi Formula E dan Grid Oto, berikut adalah format kualifikasi Formula E.

1. Sebanyak 22 pebalap akan dibagi menjadi dua grup yakni Grup A dan Grup B. Masing-masing grup berisi 11 pebalap.

2. Penentuan Grup A dan B berdasarkan peringkat pebalap di klasemen. Pebalap peringkat ganjil akan masuk Grup A, sedangkan pebalap peringkat genap bakal menghuni Grup B.

3. Masing-masing grup memiliki waktu 12 menit untuk mencetak waktu terbaik mereka. Jumlah lap yang dilahap pebalap bebas, durasinya masih mencuupi.

4. Jika dalam enam menit pertama seorang pebalap tidak mencetak waktu sama sekali, ia akan mendapat penalti.

5. Dari dua grup tersebut, empat pebalap tercepat masing-masing grup (total 8 pebalap) akan diadu ke fase gugur.

6. Sisanya (14 pebalap) yang tidak lolos ke fase gugur akan menempati grid ke-9 hingga 22 sesuai catatan waktu mereka di fase grup.

7. Fase gugur kualifikasi dimulai dengan perempat final yaitu 8 pebalap yang bakal berduel. Pebalap peringkat 1 Grup A (A1) akan bertemu dengan pebalap peringkat 4 Grup B (B4) dan seterusnya. Untuk lebih jelasnya seperti di bawah ini.

Kualifikasi akhir perempat:

8. Fase perempat final akan menghasilkan 4 pebalap pemenang. Pemenang Duel A akan melawan pemenang Duel B dan seterusnya. Untuk bagan semifinal kualifikasi Formula E seperti di bawah ini.

Kualifikasi semifinal:

9. Pemenang semifinal dua pebalap akan bertemu pada final (pemenang SF 1 vs pemenang SF2) untuk memperebutkan pole position. Bagi pebalap yang mampu mencetak pole position (pemenang), ia akan mendapat 3 poin.

10. Pebalap yang kalah di final akan menempati grid ke-2 saat balapan, diikuti oleh pebalap lain secara berurutan berdasarkan hasil di fase gugur.

11. Setelah posisi grid ditentukan, dilanjutkan dengan balapan alias balapan E-Prix. Berbeda dengan F1 atau ajang balap mobil lainnya yang menggunakan sistem putaran (putaran), balapan Formula E dilaksanakan dengan menggunakan sistem waktu. Total para pebalap akan menjalani balapan selama 45 menit ditambah 1 lap.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.