Teknologi

Asal-usul Tombol Pintasan Ctrl+C, Ctrl+V, Ctrl+X, Dan Ctrl+Z

Spread the love

– Anda mungkin tak asing dengan istilah copy, paste, cut, dan undo dalam dunia komputer. slot online

Keempat menu tersebut paling banyak digunakan saat mengerjakan tugas atau membuat beragam desain visual.

Biasanya, seseorang menggunakan empat layanan itu dengan tombol shortcut atau pintasan Ctrl+C (copy), Ctrl+V (paste), Ctrl+X (cut), dan Ctrl+Z (undo).

Meski kerap menggunakannya, tapi tak banyak orang yang tahu asal-usul tombol pintasan tersebut.

Dikutip dari How to Geek, tombol pintasan ini muncul pertama kali pada tahun 1980-an di komputer Apple Lisa.

Lisa adalah pendahulu dari Macintosh dan komputer berbasis mouse pertama Apple.

Saat mengembangkan Lisa, programmer Apple Larry Tesler memilih untuk menggunakan tombol Z, X, C, dan V bersama tombol Apple untuk mewakili undo, cut, copy, dan paste.

Artinya, fungsi-fungsi tersebut akan berjalan ketika pengguna menekan tombol Apple+Z, Apple+X, Apple+C, dan Apple+V.

Jika melihat letaknya di keyboard, keempat huruf tersebut berada di sudut kiri bawah di dekat tombol meta seperti Apple (di Lisa), Command (di Mac), dan Control (di PC).

Jadi, ketika menggunakan mouse komputer dengan tangan kanan, Anda dapat dengan cepat memicu fungsi yang sering digunakan ini dengan tangan kiri Anda.

Ketika Apple mengembangkan Macintosh, mereka mengedepankan pintasan keyboard Z, X, C, V Lisa.

Namun, mereka mengadaptasinya dengan tombol Command yang unik untuk platform Mac.

Karena itu, sejak Mac diluncurkan, Anda akan menekan tombol Command+Z untuk undo, Command+X untuk cut, Command+C untuk copy, dan Command+V untuk paste, sama seperti hari ini.

Perlu dicatat bahwa sementara Apple Lisa memperkenalkan pintasan Z/X/C/V, konsep sebenarnya untuk undo, cut,copy dan paste berasal lebih awal, yaitu digunakan pada perangkat lunak yang dikembangkan untuk Xerox Alto pada 1970-an.

Diadopsi Windows

Pada awal era Graphical User Interface (GUI) untuk Microsoft, Apple melisensikan beberapa elemen OS Macintosh ke Microsoft untuk Windows 1.0.

Mereka berhati-hati untuk tidak benar-benar menduplikasi antarmuka Macintosh.

Tak heran jika Windows 1.0 dan Windows 3.0 Microsoft awalnya menetapkan pintasan yang berbeda untuk undo, cut, copy, dan paste daripada yang digunakan saat ini.

Saat itu, Microsoft menggunakan Alt+Backspace untuk undo, Shift+Delete cut, Ctrl+Insert untuk copy, dan Shift+Insert untuk paste.

Di beberapa titik selama pengembangan Windows 3.1, Microsoft membawa Ctrl+Z, Ctrl+X, Ctrl+C, dan Ctrl+V ke Windows juga.

Tombol-tombol pintasan itu juga sudah muncul pada Word untuk Windows 2.0 pada 1991 dan beberapa aplikasi Windows Office lainnya.

Mantan Wakil Presiden Microsoft Bran Silverberg mengatakan, tim Windows juga mencoba untuk konsisten dengan aplikasi Office, beberapa di antaranya berasal dari Macintosh.

Tombol-tombol tersebut juga lebih ramah pengguna.

“Saya lebih menyukai ZXVC—lebih mudah diingat, dan sepertinya itu ide yang bagus,” kata Silverberg.

Sejak 1992, setiap versi desktop Windows telah menyertakan pintasan Ctrl+Z, Ctrl+X, Ctrl+C, dan Ctrl+V untuk undo, cut,copy, dan paste.

Tombol pintasan ini, adalah warisan yang sudah ada sejak tahun 1983.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.