Teknologi

Apple Mengumumkan IOS 16, Modifikasi Layar Kunci Dimungkinkan

Spread the love

– Apple resmi mengumumkan iOS 16 pada Worldwide Developers Conference (WWDC) 2022 yang digelar di Indonesia pada Selasa dini hari, 6 Juli 2022. slot gacor 4d

Sebagai pembaruan untuk iOS 15, sistem operasi ini membawa sejumlah peningkatan dan fitur baru.

Salah satu pembaruannya adalah layar kunci yang lebih baru dari sebelumnya.

Nah, ini karena desain tanggal dan waktu lock screen iOS 16 bisa diubah-ubah sesuai selera.

Beberapa aspek yang dapat Anda ubah termasuk warna dan gaya penulisan (font) dalam jenis, sehingga layar kunci iPhone tidak ‘hanya’.

Pengguna kemudian dapat mengatur jendela info aplikasi, widget alias, atau bahkan menambahkannya tepat di bawah info tanggal dan waktu.

Setelah itu, banyak notifikasi yang ditampilkan di layar kunci kini akan berada di dekat bagian bawah layar, tepat di atas ikon senter dan kamera.

Dengan cara ini jendela notifikasi tidak mengaburkan gambar yang digunakan sebagai wallpaper (background).

Lock screen iOS 16 Apple adalah versi terbaru, dan wallpaper yang sama dapat diatur ulang menggunakan fitur photo shuffle, sehingga foto yang muncul di lock screen tidak monoton dan dapat berubah secara berkala.

Apple juga telah memperbarui desain Live Activity, yang masih berada di layar kunci dan dapat menampilkan beberapa jendela notifikasi secara real time.

Ada juga fungsi fokus yang bisa diterapkan langsung melalui layar kunci.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memilih desain profil dan antarmuka (UI), dan mengatur kekuatan notifikasi yang dapat masuk ke ponsel secara langsung melalui layar kunci.

Baris fitur baru iOS 16

Selain sejumlah fitur yang dapat menyempurnakan tampilan lock screen, Apple memperkenalkan beberapa fitur baru di iOS 16.

Untuk aplikasi Pesan, misalnya, pengguna kini dapat mengubah (mengedit) konten pesan dan menyeret pesan terkirim (tidak terkirim) untuk menandai percakapan agar memiliki tanda “belum dibaca” (bendera belum dibaca).

Fitur Pesan Apple terbaru di iOS 16.

Lalu, kini hadir fitur Live Text yang memungkinkan pengguna menyalin teks dari Apple Wallet, dapat diakses melalui video, aplikasi lain, hingga Apple Pay Later, di mana mereka dapat melakukan berbagai pembayaran menggunakan mekanisme cicilan.

Apple juga memperkenalkan Perpustakaan Foto Bersama iCloud di iOS 16. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat ruang berbagi foto yang dapat digunakan dan dilihat hingga 6 orang sekaligus.

Tak ketinggalan, Apple telah memperbarui Apple Maps yang kini hadir dengan kemampuan multitasking routing. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memasukkan hingga 15 tujuan dalam satu navigasi.

Apple Maps kini juga menyertakan tampilan peta 3D untuk banyak kota besar dunia, memungkinkan Anda mengunjungi 11 negara baru, termasuk Prancis dan Swiss.

Ada juga fitur CarPlay yang muncul di setiap layar di dalam mobil. Fitur yang akan diluncurkan pada akhir tahun 2023 ini dapat menampilkan berbagai informasi penting seputar mobil, seperti kecepatan, bensin, dan temperatur.

Fitur Apple CarPlay di iOS 16 yang Dapat Ditampilkan di Semua Layar Mobil Kapan iOS 16 tersedia untuk diunduh di iPhone?

Untuk ketersediaan, pengembang dapat menguji iOS 16 beta mulai hari ini.

Sementara itu, iOS 16 beta akan dirilis untuk masyarakat umum pada Juli 2022.

Kemudian, untuk iOS 16 versi terbaru, pengguna bisa mencobanya sekitar September 2022.

Pengguna yang ingin mencoba versi pengembang iOS 16 dengan cepat dapat mendaftar untuk layanan Program Pengembang Apple di tautan berikut: Program ini berbayar dan pengguna harus menghabiskan sekitar $100 (sekitar 1,4 juta rupee) per tahun.

Pengguna iPhone juga dapat mendaftar ke Program Perangkat Lunak Beta Apple untuk mencoba beta publik iOS 16, yang akan dirilis pada bulan Juli. Pendaftaran program ini gratis dan dapat dilakukan melalui tautan berikut.

Pembaruan iOS 16 sendiri hanya dapat diinstal pada iPhone yang sudah menginstal iOS 15.

Model iPhone berikutnya yang didukung harus model iPhone 8 atau yang lebih baru, seperti iPhone 13 di iPhone X, sebagaimana dirangkum KompasTekno oleh MacRumors (Selasa 7/6/2022).

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.