Kesehatan

Apakah Ada Obat Atau Perawatan Yang Terbukti Dapat Mengobati Tekanan Darah Tinggi?

Spread the love

– Bisakah tekanan darah tinggi disembuhkan? Jika demikian, bagaimana Anda memperlakukannya? Pertanyaan-pertanyaan ini sering ditanyakan oleh pasien hipertensi di seluruh dunia, termasuk pembaca .comHudisanyoto. slot gacor gampang jackpot

Melalui @kinoftalks, ia mengajukan pertanyaan ke subbagian Halo Prof:

“Apa yang telah terbukti dapat menyembuhkan tekanan darah tinggi, Dokter?”

Terhadap pertanyaan ini, dr. Saskia Dyah Handari, Sp.JP(K). Spesialis penyakit kardiovaskular di FESC, FAsCC, FASE, Mayapada Hospital Surabaya. Presentasinya adalah sebagai berikut:

Halo Pak @Hodisaniuto,

Hipertensi sering disebut sebagai silent killer karena penderita seringkali tidak mengetahui bahwa dirinya memiliki tekanan darah tinggi dan baru mengetahuinya setelah terjadi komplikasi.

Hipertensi adalah suatu kondisi di mana tekanan darah naik di atas 140/90 dan jatuh ke dalam dua kategori.

Faktanya, tekanan darah tinggi, seperti halnya infeksi bakteri, dapat dinyatakan sembuh dengan mengonsumsi antibiotik selama beberapa hari, tetapi kenyataannya tekanan darah tinggi tidak dapat disembuhkan seperti infeksi bakteri seumur hidup.

Pengendaliannya tergantung dari jenis hipertensi itu sendiri. Misalnya hipertensi primer dengan perubahan gaya hidup dan pengobatan non obat yang meliputi obat antihipertensi.

Perubahan gaya hidup termasuk diet rendah sodium, termasuk rempah-rempah tinggi sodium, olahraga teratur, dan diet tinggi serat, termasuk sayuran dan buah-buahan.

Jika Anda melakukan perubahan gaya hidup dan tidak mencapai tekanan darah yang optimal, Anda akan memerlukan obat tekanan darah untuk menghindari komplikasi tekanan darah tinggi seperti stroke, gagal jantung, dan gagal ginjal.

Sebaliknya, pada kasus hipertensi sekunder, tergantung pada penyebabnya, misalnya jika disebabkan oleh tumor, maka tumor tersebut perlu diangkat.

Obat-obatan dan antihipertensi tertentu diperlukan tergantung pada kondisi medis Anda dan rekomendasi dokter Anda. Selain itu, pengelolaan modifikasi gaya hidup tetap memegang peranan penting dan terus berlanjut meskipun pasien sudah mendapat obat antihipertensi atau obat pelengkap lainnya.

Saskia Deah Handari, Sp.JP(K). FESC, FAsCC, FASE

ahli jantung

RS Mayapada Surabaya

Mayapada Hospital Surabaya Dr. Saskia Dyah Handari, Sp.JP(K)., FESC, FAsCC, PHASE Spesialis Kardiologi dan Vaskular RS Mayapada Surabaya

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.