Lifestyle

Ada Alasan Ilmiah Mengapa Wanita Sulit Membaca Peta

Spread the love

– Banyak orang percaya, wanita memiliki kemampuan lebih buruk dalam membaca peta. slot online terbaru 2022

Kepercayaan ini juga banyak diamini oleh kaum wanita yang memang kerap kesulitan dalam mengingat arah mata angin.

Tentang wanita yang tak bisa lihai membaca peta ini, ternyata bukan hanya mitos belaka. Karena ada alasan ilmiah yang bisa menjelaskannya.

Dalam studi yang dilakukan oleh peneliti dari Norwegian University of Science and Technology (NTNU), mereka menguji pria dan wanita dalam memecahkan teka-teki labirin 3D.

Mereka menggunakan pemindai MRI untuk melihat apakah ada perbedaan aktivitas otak saat pria dan wanita mengorientasikan diri, dikutip dari Science Daily.

Dengan kacamata 3D dan joystick, para peserta harus mengarahkan diri mereka sendiri dalam labirin virtual yang sangat besar sementara gambar fungsional otak mereka terus direkam.

Sebanyak 18 pria dan wanita pertama-tama membutuhkan waktu satu jam untuk mempelajari tata letak labirin sebelum sesi pemindaian.

Dalam pemindai MRI, mereka diberi waktu 30 detik untuk mengerjakan masing-masing tugas dari 45 tugas navigasi. Salah satu tugas, misalnya adalah “menemukan mobil kuning” dari titik awal yang berbeda.

Dalam uji coba tersebut, pria menyelesaikan 50 persen lebih banyak tugas daripada wanita.

Dokter medis di NTNU sekaligus penulis studi Carl Pintzka mengatakan, perempuan dan laki-laki memiliki strategi navigasi yang berbeda. Pria menggunakan arah mata angin selama navigasi ke tingkat yang lebih besar.

“Jika mereka pergi ke gedung Perkumpulan Mahasiswa di Trondheim, misalnya, laki-laki biasanya pergi ke arah umum di mana bangunan itu berada,” kata dia.

“Perempuan biasanya mengarahkan diri mereka di sepanjang rute untuk sampai ke sana, misalnya, melewati penata rambut dan kemudian naik jalan dan belok kanan setelah toko,” sambungnya.

Gambar MRI otak menunjukkan bahwa pria dan wanita menggunakan area otak yang luas ketika mereka bernavigasi, tetapi beberapa area ternyata berbeda.

Pria lebih banyak menggunakan hippocampus, sedangkan wanita lebih banyak menggunakan area frontal.

Evolusi memiliki peran dalam perbedaan ini.

Pada zaman kuno, pria adalah pemburu dan wanita adalah pengumpul. Oleh karena itu, masing-masing otak mungkin berevolusi secara berbeda.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.