Lifestyle

6 Cara Menjaga Dapur Tetap Rapi Dan Teratur

Spread the love

JAKARTA, – Ketika datang untuk mengatur dapur, ada beberapa hal yang bisa menjadi sedikit rumit. Tak jarang, beberapa orang enggan membereskan dapur. slot online terlengkap

Padahal, mengatur dapur memberi banyak keuntungan seperti memudahkan Anda ketika berkegiatan seperti memasak dan menyiapkan makanan.

Selain itu, mengatur dapur juga memudahkan Anda mengakses semua peralatan yang dibutuhkan serta tidak membuang waktu untuk mencari peralatan atau bahan ketika memasak.

Sebaliknya, dapur yang berantakan akan membuatnya kurang nyaman digunakan dan dapat menyebabkan disorganisasi.

Untuk membantu menyeimbangkan fungsi dan bentuk dapur tersebut, berikut tips menjaga dapur tetap rapi dan teratur dilansir dari Cleveland, Jumat (10/6/2022).

Tentukan item berdasarkan zona

Dapur cenderung dibagi setidaknya menjadi tiga zona, yakni kompor, wastafel, dan kulkas. Sebaiknya, simpan makanan, wadah, peralatan dapur, dan peralatan dapur berdasarkan zona penggunaannya.

Misalnya, alih-alih menggantung peralatan masak di dekat kulkas, sebaiknya menyimpannya di dekat kompor sehingga memudahkan mengaksesnya ketika dibutuhkan.

Simpan cangkir, piring, dan peralatan makan di dekat wastafel atau mesin pencuci piring. Dengan cara ini, setelah mencuci dan mengeringkan piring, Anda dapat dengan mudah menyimpannya tanpa harus berjalan melintasi dapur.

Simpan barang yang jarang digunakan di tempat sulit dijangkau

Rak atas lemari dapur atau bagian paling belakang dari lemari bawah adalah tempat yang sulit dijangkau. Karena itu, hindari menyimpan barang apa pun yang digunakan secara teratur di tempat tersebut.

Sebaliknya, gunakan area itu untuk menyimpan barang-barang yang jarang digunakan atau hanya pada kesempatan tertentu seperti peralatan makan untuk pesta.

Gunakan ruang dinding

Belum lagi, penyimpanan dengan lemari dapur cukup sulit.

Misalnya, barang-barang sering hilang pada bagian belakang lemari yang lebih dalam, sementara rak atas bisa sulit dijangkau.

Sebagai solusi, Anda dapat menggunakan ruang dinding untuk penyimpanan tambahan seperti rak terbuka.

Gunakan korsel sudut

Salah satu ruang yang paling mengganggu di dapur adalah ruang kabinet sudut. Anda dapat menyiasati hal canggung tersebut dengan memasang korsel sudut untuk memanfaatkan sebagai ruang penyimpanan.

Dengan cara ini, membuat lemari sudut lebih baik sekaligus lebih mudah mengaksesnya.

Gantung barang pada bagian belakang pintu kabinet

Lemari dapur biasa digunakan untuk menyimpan bahan makanan kering dan peralatan makan. Namun, bagian belakang pintu kabinet sering kali tidak dimanfaatkan.

Cobalah memanfaatkan area tersebut dengan menambahkan kait atau rak ke bagian belakang pintu lemari dapur.

Bahkan, bagian belakang pintu lemari dapur adalah tempat populer untuk menggantung rak bumbu sehingga membuatnya tetap teratur dan mudah dijangkau.

Pencahayaan dapur

Pencahayaan sangat penting untuk penataan dan estetika dapur secara keseluruhan. Pertimbangkan menggunakan lampu strip LED untuk bagian bawah lemari dapur sehingga dapat melihat meja dengan jelas.

Bahkan dapat menggunakan lampu dengan sensor gerak di laci dapur sehingga tidak perlu meraba-raba mencari apa yang dibutuhkan.

Dapur menjadi salah satu ruangan yang paling sering digunakan di rumah, jadi semuanya harus diatur dengan cara yang mudah diakses dan berkontribusi pada desain visual dapur secara keseluruhan.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.